Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Monday 15 July 2013

Proposal Sholat Malam (Tahajud)


PROPOSAL

SHOLAT MALAM BERJAMA’AH





MENINGKATKAN KEIMANAN

MERAIH KETAQWAAN



Pembukaan

  
“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.” (Surat AL Israa (17) : 79)

Hai orang yang berselimut (Muhammad), Bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari[1525], kecuali sedikit (daripadanya),  (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu. dan Bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. (Al Muzammil 73: 1-4)



“Cobalah Anda rajin-rajin sholat tahajjud. "Jika anda melakukannya secara rutin, benar, khusuk, dan ikhlas, niscaya Anda terbebas dari infeksi dan kanker". Ucap Sholeh. Ayah dua anak itu bukan 'tukang obat' jalanan. Dia melontarkan pernyataanya itu dalam desertasinya yang berjudul 'Pengaruh Sholat tahajjud terhadap peningkatan Perubahan Response ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan Psiko-neuro imunologi". Dengan desertasi itu, Sholeh berhasil meraih gelar doktor dalam bidang ilmu kedokteran pada Program Pasca Sarjana Universitas Surabaya, yang dipertahankannya Selasa pekan lalu. Selama ini, menurut Sholeh, tahajjud dinilai hanya merupakan ibadah salat tambahan atau sholat sunah. Padahal jika dilakukan secara kontinu, tepat gerakannya, khusuk dan ikhlas, secara medis sholat itu menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imonologi) khususnya pada imonoglobin M, G, A dan limfosit-nya yang berupa persepsi dan motivasi positif, serta dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi (coping).” (http://gawat.gauldong.net/tips/article.php?op=view&articleid=24,20/1/03).
    
                Kutipan di atas menunjukkan bahwa QIYAMUL LAIL (sholat malam atau sholat tahajud) memiliki manfaat yang luar biasa baik dari aspek ruhani maupun jasmani.
     Dari sisi ruhani, menurut ayat di atas, sholat malam akan memberikan kedudukan yang mulia bagi orang yang melaksanakannya. Kemudian disambung dengan ayat berikutnya, Allah akan memberikan jalan dari segala problematika hidupnya. Berupa jalan masuk dan keluar dengan cara yang sebaik-baiknya. Serta diberikan kekuatan oleh Allah SWT dalam mengarungi kehidupan ini. Agar kita selalu tabah dan istiqamah dalam keimanan dan ketaqwaan.
     Selain itu sholat tahajud juga merupakan seutama-utama sholat sunnah. Karena itu Rasulullah hampir selalu melaksanakannya sepanjang malam. Bahkan beliau juga membangunkan istri-istrinya untuk turut serta melakukannya.
     Karena begitu besar keutamaannya, baik dari sisi ruhani, jasmani maupun medis, maka kami terpanggil untuk dapat melaksanakan kegiatan ini. Semoga dengan adanya acara ini dapat memacu dan memotivasi umat untuk cinta dan hobi melaksanakan sholat tahajud.

 

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari / Tanggal
:

Waktu
:

Tempat
:


Tujuan

Adapun tujuan kegiatan ini antara lain adalah sebagai berikut :

Ø                  Untuk mensosialisasikan pentingnya sholat tahajud bagi peserta dan jama’ah pada umumnya
Ø                  Untuk membiasakan jama’ah menjadikan sholat tahajud sebagai sarana untuk menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan dengan memohon langsung kepada Allah SWT.
Ø                  Untuk mensyiarkan ajaran Islam secara terus menerus dan berkesinambungan.
Ø                  Untuk memupuk tali persaudaraan,  kasih sayang dan kepedulian kepada sesama peserta dan kaum muslimin pada umumnya.

Susunan Panitia

Penasehat
:

Ketua
:

Sekretaris
:

Bendahara
:

Seksi Acara
:

Seksi Perlengkapan & Konsumsi
:

Seksi Dokumentasi & Humas
:


Anggaran

Kegiatan ini direncanakan diperuntukkan bagi 120 orang muslim laki-laki atau wanita  termasuk panitia.



Pengeluaran

Keterangan
Jumlah (Rp.)






















terbilang : 



Susunan Acara

Kegiatan
Waktu
Pj
Sholat Isya’ berjamaah
19. 10-19.30

Ceramah Tentang Keutamaan Sholat Tahajud
19.30-20.30
Sie Acara
Tidur
19.00-03.00
Sie Acara
Sholat Tahajud
03.00-04.30
Sie Acara
Sholat Subuh Berjama’ah
04.45-05.15

Olah Raga Bersama
05.30-07.00
Sie Acara
Sarapan dan Penutupan
07.00-07.15
Sie Acara

Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan. Atas bantuannya baik materiil maupun spirituil kami ucapkan jazaakumullaahu khairan katsiiran. Semoga Allah membalas dengan pahala yang berlipat ganda. Amiin.

Jakarta,               

Panitia Pelaksana,



…………………..
Ketua










































 

No comments: