Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Sunday 9 June 2013

Umat Yang Satu

I.8. Umat Yang Satu

          Umat Islam adalah ummatan wahidah yaitu umat yang satu. Tuhannya satu, agamanya satu, kiblatnya satu dan kitabnya satu. Nabi terakhirnya juga satu yaitu Muhammad SAW. Dan tidak ada Nabi setelah beliau. Tujuannya juga satu. Yaitu untuk mengabdi kepada Allah SWT.

قُلْ إِنَّنِي هَدَانِي رَبِّي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ دِينًا قِيَمًا مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ (161) قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ (163)
"Katakanlah: "Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang musyrik. Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)." (Al An’am 161-163).
          Karena itulah umat Islam berkeyakinan bahwa negerinya tidak dibatasi oleh wilayah. Dimanapun kalimat tauhid dikumandangkan disanalah negeri umat Islam. Begitupun persaudaraan Islam. Tidak dibatasi oleh waktu, tempat dan zaman. Siapapun orang yang bertauhid dan menyatakan Laailaahaillallah, maka ia adalah saudara seagama. Yang wajib dicintai, dimuliakan dan dido’akan. Meskipun lain organisasi, jama’ah, manhaj, madzhab, suku, warna kulit, bangsa dan bahasa.
         

No comments: