Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Sunday 9 June 2013

Umat Yang Menang


I.7. Umat Yang Menang

          Umat Islam adalah umat yang menang dan yang mendapatkan banyak keuntungan dari Allah SWT. Baik kemenangan di dunia maupun kemenangan di akherat. Di dunia umat ini telah berjaya di Medinah. Kemudian dilanjutkan oleh khulafaur Rasyidin yang menguasai hampir sepertiga dunia. Bahkan umat itu terus mengontrol dunia dengan imperium bani Umayyah, bani Abbasiyah dan bani Utsmaniyyah. Sampai akhirnya kalah pada tahun 1924 atas tipu daya yang licik Mustafa Kemal perusak Turki.
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata”(Al fath 48: 1).
Menurut pendapat sebagian ahli Tafsir yang dimaksud dengan kemenangan itu ialah kemenangan penaklukan Mekah, dan ada yang mengatakan penaklukan negeri Rum dan ada pula yang mengatakan Perdamaian Hudaibiyah. Tetapi kebanyakan ahli Tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud di sini ialah Perdamaian Hudaibiyah.[1]
          Meskipun nampaknya sekarang kita kalah, tapi di akhir zaman nanti kita akan memperoleh kemenangan. Yaitu dengan hadirnya Imam Mahdi yang akan menegakkan khilafah dan syariat Islam. Serta turunnya Isa AS yang akan menghancurkan salib dan membunuh babi.
          Lebih-lebih di akherat. Umat Islam akan menjadi satu-satunya pemenang. Satu-satunya umat yang bahagia. Satu-satunya pewaris syurga. Baik jannatul Firdaus, Adn, ma’wa hingga janantun Na’im.[2]
إِنَّ الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ (7) جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ (8)
         
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. “ (Al Bayyinah 98:7-8).
أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ (10) الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (11)
“Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”(Al Mu’minuun 23:10-11).
          Sedangkan umat lainnya, Yahudi, Nashrani, Hindu, Budha, Konghucu, kaum kafir dan musyrik semuanya masuk neraka, mereka kekal di dalamnya. Mereka akan diborgol dan dibakar dengan api yang menyala-nyala. Karena dosa-dosa mereka yaitu menyekutukan Allah SWT.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُولَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ
            Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.”( Al Bayyinah 98:6).

خُذُوهُ فَغُلُّوهُ (30) ثُمَّ الْجَحِيمَ صَلُّوهُ (31) ثُمَّ فِي سِلْسِلَةٍ ذَرْعُهَا سَبْعُونَ ذِرَاعًا فَاسْلُكُوهُ (32)
"Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta. “ (Al Haaqqah 69:30-32)
           


[1]Tafsir Depag
[2]Untuk lebih jeasnya silahkan baca buku Tamasya Ke Syurga karya Imam Ibnul Qayyim.

No comments: