Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Monday 10 June 2013

Tonjolkan Muslimnya

IV.2.  TONJOLKAN MUSLIMNYA
          Selanjutnya lebih mengedepankan identitas kita sebagai pemeluk ajaran Islam dibandingkan jama’ah atau organisasi dimana kita bernaung. Betapa banyak kita menyaksikan aktivis dakwah yang begitu gigih memperjuangkan organisasinya dibandingkan nilai-nilai Islam.
          Ada yang melakukan direct selling  (pemasaran langsung) sebuah jama’ah atau hizb. Bahkan hal ini dikontrol secara ketat melalui laporan harian hingga bulanan. Tapi lupa untuk memasarkan aqidah dan syareat Islam.
          Tidak sedikit pula yang memasang spanduk, baleho dan pamflet atau mengiklankan dirinya hingga habis dana jutaan rupiah. Bahkan mungkin ratusan atau milyaran rupiah. Tapi kenapa tidak memasang dan mengiklankan tentang haramnya perdukunan dan para normal. Atau wajibnya sholat, puasa dan menegakkan ajaran atau syareat Islam.
          Demikian halnya di dunia ceramah, website, radio hingga majalah dan buletin. Sebagian mempromosikan dan mengutamakan manhaj dan jama’ahnya masing-masing. Sehingga tidak mau menghadiri, mendengar atau membacanya bila berasal dari kelompok lainnya.
          Kenapa tidak kita dengarkan dahulu. Bila benar maka kita ambil. Bila salah maka kita tinggalkan. Atau kita berikan peringatan atau kritikan yang membangun jika mampu.
          Karena lebih mengutamakan grup atau kelompok atau jama’ah, akhirnya ceramah yang satu dengan yang lain saling membantah.  Di tempat lain dibilang amalan A bid’ah. Namun di tempat lain dibilang amalan tersebut sunnah dan merupakan peninggalan para wali kekasih Allah SWT. Ditempat lain dibilang ulama X sesat, namun di tempat lainnya justru dibilang sebagai ahli hadits atau syaikhul islam.
Hal itu terus berlangsung dari bulan ke bulan dari peringatan ke peringatan dan dari tahun ke tahun dari abad ke abad. Sehingga membuat ummat bingung dan terkotak-kotak dalam berbagai aliran atau manhaj atau madzhab.
          Untuk itu mari tonjolkan Islam kita. Tonjolkan muslim kita. Berikan salam kepada muslim lainnya. Berikan hak-haknya sebagai kaum muslimin. Tolonglah ia karena Islamnya. Bukan karena satu jama’ah atau satu manhaj atau satu kelompok.
          عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمْسٌ تَجِبُ لِلْمُسْلِمِ عَلَى أَخِيهِ رَدُّ السَّلَامِ وَتَشْمِيتُ الْعَاطِسِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ[1]
          Dari Abu Hurairah RA di berkata :Rasulullah bersabda, “Kewajiban muslim kepada saudaranya yang muslim ada lima yaitu menjawab salam, mendo’akan yang bersin, menghadiri undangan, mengunjungi yang sakit dan ikut mengantarkan jenazah.”

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ[2]
Dari Abu Hurairah RA di berkata : bahwasanya Rasulullah bersabda, “Hak muslim kepada saudaranya yang muslim ada enam, ditanyakan apa itu Ya rasulullah, beliau menjawab : Bila engkau bertemu kepadanya ucapkanlah salam kepadanya, bila dia mengundangmu penuhilah undangannya dan bila ia minta nasehat, nasehatilah ia dan apabila ia bersin lalu ia memuji Allah maka do’akanlah dan apabila ia sakit kunjungilah ia dan apabila meninggal antarkanlah (jenazah)nya.


[1] Shahih Muslim 11:126:4022
[2] Ibid 4023

No comments: