Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Monday 2 September 2013

Sambutan Pelepasan Calon Haji

Sambutan Direktur Utama PT MAGELANG (Persero)
Dalam rangka Pelepasan Jama’ah Calon Haji Tahun 1434H

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Alhamdulillah. Wa sholatu wa salamu ‘ala rosulillah, wa la haula wa la quwata illa billah. Asyahadu ‘alla ilaha ilallah wahdahu la syarikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosulullah, la nabiya ba’dah.
Puja dan puji hanya untuk Allah Sang Pemilik Ka’bah. Ka’bah tempat ummat dari berbagi penjuru menyatukan arah. Sebuah tempat yang dibayangkan setiap insan dengan terseyum indah, seraya berguman kapankah saatnya kami berziarah.

Sholawat serta salam semoga tersampaikan kepada Rosulullah Sang Pembawa Risalah. Risalah sebagai pedoman manusia untuk berbenah. Sehingga ia mendapatkan sukses di dunia tanpa melupakan al jannah.
Hadirin dan hadirat rahimakumullah. Hampir tiap tahun kita berkumpul disini dalam acara pelepasan jama’ah calon haji yang berasal dari pegawai PT MAGELANG (Persero) baik beserta suami atau istrinya maupun yang sendiri. Alhamdulillah semua calon jama’ah haji yang hadir disini atas biaya pribadi. Ini menunjukkan kekuatan iman dan Islam dalam rangka menunaikan rukun Islam yang kelima.


Pada tahun ini Perusahaan tengah melakukan seleksi untuk memberikan bantuan ONH. Mudah-mudahan bantuan ini dapat memberikan semangat bagi seluruh pegawai untuk terus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Baik ibadah khusus seperti sholat, zakat, puasa dan haji maupun ibadah mutqan (profesional) seperti bekerja.
Bantuan ONH bagi beberapa Pegawai yang terpilih merupakan apresiasi atas dedikasinya kepada perusahaan selama ini. Selain itu dengan turut sertanya perusahaan dalam program ini, semoga Allah SWT berkenan menurunkan rahmat-Nya sehingga kedepan perusahaan semakin maju dan lebih banyak lagi karyawan yang dapat memenuhi panggilan Allah ke Baitullah. Amin.
Hadirin dan hadirat rahimakumullah. Ritual ibadah haji adalah ritual Nabi Ibrahim as sang Kekasih Allah, yang kemudian diperintahkan untuk menjadi ritual ummat Muhammad saw. Ritual yang mengajarkan kepada kita akan arti pentingnya ketundukan yaitu ketundukan berthowaf mengelilingi Ka’bah, mengajarkan kepasrahan yaitu kepasrahan Hajar ditinggal Ibrohim di Mekah yang gersang seraya berkata: “Jika ini kehendak Robb-mu, maka Robb-mu tak akan menyia-nyiakan aku “, dan mengajarkan perjuangan yaitu perjuangan Hajar berlari dari Shafa dan Marwah mencari air untuk putranya Ismail.

Selain itu, ritual haji juga mengajarkan pengorbanan yaitu pengorbanan Ibrohim untuk menyembelih putra satu – satunya yang telah dinantinya puluhan tahun, mengajarkan permusuhan abadi yaitu permusuhan iblis yang menggoda manusia agar malas didunia dan masuk neraka di akhirat, serta mengajarkan keikhlasan yaitu keikhlasan Ismail melaksanakan perintah Allah walau untuk disembelih.

Hikmah inilah yang harus kita ambil, untuk selanjutnya kita terapkan dalam kehidupan baik secara pribadi maupun dalam keluarga, masyarakat, perusahaan, bangsa dan negara. Tujuan dari pelaksanaan hikmah ini adalah terciptanya kemanfaatan kita bagi orang lain secara maksimal dan terciptanya ketundukan, kepasrahan dan keikhlasan kita atas segala ketentuan yang Allah berikan.
Untuk itu saya ucapkah terimakasih kepada Bapak KH. ........... RA, SQ, MA yang berkenan hadir untuk membimbing kita memahami hikmah tersebut. Hanya Allah yang membalas kebaikan Bapak dengan balasan terbaik.

Hadirin dan hadirat rahimakumullah, berhaji bukanlah saat membeli belah, namun saat tepat kita untuk beribadah. Maka membeli barang oleh-oleh haji bukanlah tujuan namun hal sampingan. Berilah kami di tanah air oleh – oleh kesholehan, karena kesholehan adalah pembawa pencerahan, karena kesholehan adalah titik awal untuk melakukan perubahan. Perubahan agar diri lebih bertaqwa, yang dengan taqwa itu berdampak pada naiknya kinerja perusahaan. Kalo boleh, kami hanya titip do’a agar kami bisa berziaroh ke Baitullah dan agar perusahaan kita semakin maju dan berkembang.

Terakhir, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur, haji yang diterima oleh Allah SWT, haji yang membawa pencerahan, haji yang memberi manfaat bagi ummat, perusahaan, bangsa dan negara.
Saya secara pribadi maupun atas nama perusahaan memohon maaf khususnya kepada para calon haji dan umumnya kepada karyawan semuanya bila selama ini terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun tak disengaja. Akhirul kalam. Billahi taufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Haryantop


Direktur Utama

No comments: