Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Wednesday 24 July 2013

Sholat 'Id

Shalat ‘Ied
1.       Makan Sebelum Shalat ‘Iedul-Fithri dan Tidak Makan Sebelum Shalat ‘Iedul-Adlha
عن بن بريدة عن أبيه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان لا يخرج يوم الفطر حتى يأكل وكان لا يأكل يوم النحر حتى يرجع
Dari (Abdullah) bin Buraidah dari ayahnya : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidaklah keluar (menuju tanah lapang untuk melaksanakan shalat) pada hari raya ‘Iedul-Fithri sebelum makan. Dan tidaklah beliau makan pada hari raya ‘Iedul-Adlhaa sebelum beliau kembali (dari melaksanakan shalat)” (HR. Tirmidzi no. 542, Ibnu Majah no. 1756, Ad-Darimi no. 1600, dan Ahmad no. 23033; dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykatul-Mashaabih 1/248).



2.       Mandi di Pagi Hari Sebelum Melaksanakan Shalat ‘Ied
Dari Nafi’ ia berkata :
أن عبد الله بن عمر كان يغتسل يوم الفطر قبل أن يغدو إلى المصلى
“Abdullah bin ‘Umar biasa mandi pada hari raya ‘Iedul-Fithri sebelum pergi ke tanah lapang (untuk melaksanakan shalat)” (Diriwayatkan oleh Malik no. 426, Asy-Syafi’i dalam Musnad Asy-Syafi’i dalam Kitabul-‘Ied, dan Abdurrazzaq no. 5754 dengan sanad shahih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh ‘Ali Al-Halaby dalam Ahkaamul-‘Iedain).
3.       Berpakaian yang Bagus
أن عبد الله بن عمر قال أخذ عمر جبة من إستبرق تباع في السوق فأخذها فأتى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله ابتع هذه تجمل بها للعيد والوفود فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم إنما هذه لباس من لا خلاق له فلبث عمر ما شاء الله أن يلبث ثم أرسل إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم بجبة ديباج فأقبل بها عمر فأتى بها رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله إنك قلت إنما هذه لباس من لا خلاق له وأرسلت إلي بهذه الجبة فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم تبيعها أو تصيب بها حاجتك
Bahwasannya Abdullah bin ‘Umar berkata : ‘Umar (bin Khaththab) mengambil sebuah baju dari sutera tebal yang dijual di pasar, lalu ia datang kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan berkata : “Ya Rasulullah, belilah jubah ini agar engkau dapat berdandan dengannya di hari raya dan saat menerima utusan. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada ‘Umar : “Ini adalah pakaiannya orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan (di akhirat)”. Maka tinggallah ‘Umar sepanjang waktu yang Allah inginkan. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengirimkan kepadanya jubah dari sutera. ‘Umar menerimanya lalu mendatangi beliau. Ia berkata : “Ya Rasulullah, dulu engkau pernah berkata bahwa pakaian ini merupakan pakaian orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan (di akhirat), dan engkau kemudian mengirimkan kepadaku jubah ini”. Maka beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya : “Juallah ia atau penuhilah kebutuhanmu dengannya” (HR. Bukhari no. 906, Muslim no. 2068, Abu Dawud no. 1076, dan yang lainnya).
Al-‘Allamah As-Sindi berkata : [أن التجمل يوم العيد كان عادة متقررة بينهم ولم ينكرها النبي صلى الله تعالى عليه وسلم فعلم بقاؤها] “Dari hadits ini diketahui bahwa berdandan (membaguskan penampilan) pada hari raya merupakan kebiasaan yang ditetapkan di antara mereka (para shahabat), dan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak mengingkarinya, maka diketahui tetapnya kebiasaan itu” (Hasyiyah As-Sindi ‘alan-Nasa’i 3/181 no. 1560).
4.       Semua Kaum Muslimin Keluar Menuju Tanah Lapang (untuk Melaksanakan Shalat) Tanpa Terkecuali
Bahkan, bagi para wanita yang haidl yang mereka tidak melaksanakan puasa dan shalat pun tetap diperintahkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam untuk datang di tanah lapang menyaksikan pelaksanaan shalat.
عَنْ أمِّ عَطِيَّة نُسيبة الأنصاريَّة رضي الله عنها قالت: أمرنا تعني النبي صلى الله عليه وسلم أن نُخْرِجَ في العيدين العواتق وذوات الخدورِ وأمر الحُيَّضَ أن يعتزلن مصلى المسلمين.
وفي لفظ : كنا نُؤْمَرُ أن نخرج يوم العيد، حتى نخرج البكر من خِدْرها، وحتى نخرج الحُيَّض فيكبرن بتكبيرهم ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك اليوم وطهرته.
Dari Ummu ‘Athiyyah Nusaibah Al-Anshariyyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami mengeluarkan wanita-wanita muda, gadis-gadis pingitan pada hari raya ‘Iedain (menuju tanah lapang), dan beliau memerintahkan wanita-wanita haidl untuk menjauhi tempat shalat orang-orang muslim [1]
5.       Berjalan Kaki Menuju Tanah Lapang
عن علي بن أبي طالب قال من السنة أن تخرج إلى العيد ماشيا
Dari ‘Ali bin Abi Thalib radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Termasuk sunnah yaitu engkau keluar (menuju tanah lapang) di hari ‘Ied dengan berjalan kaki” (HR. Tirmidzi no. 530 dan Ibnu Majah no. 1296. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi 1/164).
Imam At-Tirmidzi berkata ketika mengomentari hadits di atas : “Kebanyakan dari ahli ‘ilmu (ulama) mengamalkan hadits ini dimana mereka menyukai seseorang yang keluar menuju shalat ‘Ied (di tanah lapang) dengan berjalan kaki. Mereka (ahli ilmu) juga men-sunnah-kan memakan sesuatu sebelum mereka keluar untuk shalat ‘Iedul-Fithri. Janganlah seseorang menaiki kendaraan kecuali jika ia mempunyai udzur”.
6.       Menempuh Jalan yang Berbeda Ketika Berangkat dan Pulang dari Tanah Lapang
عن جابر قال كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا كان يوم عيد خالف الطريق.....
Dari Jabir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di hari ‘Ied, beliau mengambil jalan yang berbeda (ketika berangkatdan pulang dari tanah lapang)” (HR. Bukhari no. 943).
7.       Takbir ‘Ied
a.       Waktu Disunnahkannya Mengumandangkan Takbir Hari Raya ‘Iedul-Fithri
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يخرج يوم الفطر فيكبر حتى يأتي المصلى وحتى يقضي الصلاة فإذا قضى الصلاة قطع التكبير
“Bahwasannya bila beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar (dari rumah beliau) pada hari ‘Iedul-Fithri, maka beliau bertakbir hingga tiba di tanah lapang dan hingga ditunaikannya shalat. Apabila beliau telah menunaikan shalat beliau menghentikan takbir” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya dan Al-Muhamili dalam Kitab Shalatul-‘Iedaian dengan sanad mursal shahih. Namun memiliki pendukung yang menguatkannya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 171).
b.       Lafadh Takbir Hari Raya
Tidak ada lafadh takbir hari raya shahih yang marfu’ dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam. Hanya saja ada beberapa riwayat shahih dari para shahabat, antara lain :
ü       Dari Abdullah bin Mas’ud radliyallaahu ‘anhu :
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ ، لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ ، وَاللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ ، وَللهِ اْلحَمْدُ
[Alloohu akbar, alloohu akbar. Laa ilaaha illalloohu walloohu akbar, alloohu akbar wa lillaahil-hamd]
“Allah Maha Besar Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Dan untuk Allah lah segala puji” (Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 2/168 dengan sanad shahih).
ü        Dari Abdullah bin ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma :
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ اْلحَمْدُ ، اللهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ ، اللهُ أَكْبَرُ عَلَى مَا هَذَا
[Alloohu akbar alloohu akbar alloohu akbar, alloohu akbar wa lillaahil-hamd, alloohu akbar wa ajallu, alloohu akbar ‘alaa maa hadzaa]
“Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar, Allah Maha Besar untuk Allah lah segala puji. Allah Maha Besar dan Maha Mulia. Allah Maha Besar atas petunjuk yang diberikan-Nya kepada kita” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi 3/315 dengan sanad shahih).
ü        Dari Salman Al-Khair radliyallaahu ‘anhu :
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرَا
[Alloohu akbar alloohu akbar allohu akbar kabiira]
“Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar kabiir” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi 3/316) [2].
Takbir ini hendaknya terus diucapkan oleh semua kaum muslimin sampai datangnya imam untuk ditegakkannya shalat ‘Iedul-Fithri.
8.       Waktu Ditegakkanya Shalat ‘Ied
Ibnul-Qayyim berkata : “Beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam mengakhirkan shalat ‘Iedul-Fithri dan menyegerakan shalat ‘Iedul-Adlhaa. Dan adalah Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma – dengan kuatnya upayanya untuk mengikuti Sunnah Nabi – tidak keluar hingga matahai terbit” (Zaadul-Ma’ad 1/442).
Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazaairi berkata : “Waktu shalat ‘Iedul-Fithri dan ‘Iedul-Adlha adalah dimulai dari naiknya matahari setinggi satu tombak sampai tergelincir. Yang paling utama, shalat ‘Iedul-Adlhaa dilakukan di awal waktu agar manusia dapat menyembelih hewan-hewan kurban mereka. Sedangkan shalat ‘Iedul-Fithri agak diakhirkan waktunya agar manusia dapat mengeluarkan zakat fithri mereka [3] ” (Minhajul-Muslim halaman 278).
9.       Tidak Ada Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat ‘Ied
عن بن عباس أن النبي صلى الله عليه وسلم صلى يوم الفطر ركعتين لم يصل قبلها ولا بعدها
Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat ‘Iedul-Fithri dua raka’at, dan beliau tidak shalat sebelum maupun sesudahnya….” (HR. Bukhari no. 921).
Peniadaan shalat sunnah tersebut hanya ketika berada di tanah lapang. Akan tetapi bila ia telah sampai rumah, maka ia boleh shalat sunnah mutlak sebagaimana hadits :
عن أبي سعيد الخدري قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يصلي قبل العيد شيئا فإذا رجع إلى منزله صلى ركعتين
Dari Abu Sa’id Al-Khudry radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak pernah shalat sebelum ‘Ied, tetapi bila beliau pulang ke rumahnya maka beliau shalat dua raka’at” (HR. Ibnu Majah no. 1293; Ahmad no. 11242,11373; dan Hakim 1/297; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaaul-Ghalil 3/100).
10.   Tidak Ada Adzan dan Iqamat
عن جابر بن سمرة قال صليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم العيدين غير مرة ولا مرتين بغير أذان ولا إقامة
Dari Jabir bin Samurah radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Aku pernah shalat hari raya bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bukan hanya sekali atau dua kali tanpa adzan dan iqamat” (HR. Muslim no. 887).
Ibnul-Qayyim berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila sampai ke tanah lapang, beliau memulai shalat tanpa adzan dan iqamat, tidak pula ucapan : Ash-Sholaatu jaami’ah [الصلاة جامعة]. Menurut sunnah, itu semua tidak usah dilakukan” (Zaadul-Ma’ad 1/442).
11.   Kaifiyat Shalat ‘Ied
a.       Dilaksanakan dalam Dua Raka’at
Hal ini berdasarkan riwayat ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu :
صلاة الجمعة ركعتان وصلاة الفطر ركعتان وصلاة الأضحى ركعتان وصلاة السفر ركعتان تمام غير قصر على لسان محمد صلى الله عليه وسلم
Shalat Jum’at itu dua raka’at, shalat ‘Iedul-Fithri itu dua raka’at, shalat ‘Iedul-Adlhaa itu dua raka’at, shalat safar itu dua raka’at; sempurna tanpa dikurangi menurut lisan Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam” (HR. An-Nasa’i dalam Al-Mujtabaa no. 1420, dan Ibnu Majah no. 1063-1064. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan An-Nasa’i  1/457).
b.       Takbiratul-Ihram, kemudian takbir tujuh kali pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua
عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يكبر في الفطر والأضحى في الأولى سبع تكبيرات وفي الثانية خمسا
Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa : “Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bertakbir pada shalat ‘Iedul-Fithri dan ‘Iedul-Adlhaa tujuh kali pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua” (HR. Abu Dawud no. 1149 dan Ibnu Majah no. 1280, dan Baihaqi 3/287; dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/315 dan Irwaaul-Ghalil no. 639).
Imam Al-Baghawi berkata dalam Syarhus-Sunnah (4/309) : Inilah pendapat mayoritas ahli ilmu dari kalangan shahabat dan generasi setelahnya, yaitu takbir tujuh kali pada raka’at pertama setelah takbir iftitah (pembukaan) dan lima takbir pada raka’at kedua selain takbir berdiri sebelum membaca. Pendapat ini diriwayatkan dari Abu Bakar, ‘Umar, ‘Ali, Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Abbas, Abu Hurairah, Abu Sa’id Al-Khudri, dan ini juga merupakan pendapat ahli Madinah dan Az-Zuhri, ‘Umar bin Abdilaziz, Mali, Auza’i, Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq”.
Pada setiap takbir disunnahkan untuk mengangkat tangan. Hal ini sesuai dengan keumuman hadits :
عن وائل بن حجر الحضرمي قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يرفع يديه مع التكبير
Dari Wail bin Hujr Al-Hadlrami radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan takbir” (HR. Ahmad no. 18868; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaaul-Ghalil no. 641).
Tidak ada satu pun riwayat dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tentang bacaan-bacaan tertentu yang diucapkan di sela-sela takbir tadi. Akan tetapi telah shahih atsar dari Ibnu Mas’ud radliyallaahu ‘anhu :
بين كل تكبيرتين حمد الله عز وجل وثناء على الله
“Diantara dua takbir diucapkan pujian dan sanjungan kepada Allah ‘azza wa jalla” (Diriwayatkan oleh Al-Mahammili dalam Shalatul-‘Iedain 2/121 dengan sanad jayyid. Lihat Irwaaul-Ghalil 3/115).
c.       Membaca Al-Fatihah dan Membaca Surat
لا صلاة لمن لم يقرأ [فيها] بفاتحة الكتاب [فصاعداً]
“Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca di dalamnya Fatihatul-Kitab (Al-Fatihah)” (HR. Bukhari no. 723, Muslim no. 394, dan lain-lain. Lihat Ashlu Shifat Shalat Nabi oleh Syaikh Al-Albani halaman 300).
Sunnah membaca surat Al-A’la dan Al-Ghaasyiyah setelah Al-Fatihah.
عن النعمان بن بشير قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في العيدين وفي الجمعة بسبح اسم ربك الأعلى وهل أتاك حديث الغاشية
Dari An-Nu’man bin Basyir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa membaca Sabbihisma rabbikal-a’la (Surat Al-A’la) dan Hal ataaka hadiitsul-ghaasyiyah (Surat Al-Ghasyiyah) pada shalat ‘Iedain dan shalat Jum’at” (HR. Muslim no. 878).
Atau membaca Surat Qaaf dan Al-Qamar.
أن عمر بن الخطاب سأل أبا واقد الليثي ما كان يقرأ به رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأضحى والفطر فقال كان يقرأ فيهما بق والقرآن المجيد واقتربت الساعة وانشق القمر
Bahwasanya ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu bertanya kepada Abu Waqid Al-Laitsi : “Apa yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam shalat ‘Iedul-Adlhaa dan ‘Iedul-Fithri ?”. Ia menjawab : “Beliau biasa membaca Qaaf, wal-qur’aanil-majiid (Surat Qaaf) dan Iqtarabatis-saa’ati wan-syaqal-qamar (Surat Al-Qamar)” (HR. Muslim no. 891).
d.       Kaifiyat lainnya seperti shalat biasa, tidak ada perbedaan.
12.   Tertinggal Shalat ‘Ied
Orang yang tertinggal shalat hari raya secara jama’ah, hendaknya ia shalat dua raka’at. Imam Bukhari membuat bab dalam Shahih-nya : Bab Apabila Seseorang Ketinggalan Shalat ‘Ied Maka Hendaknya Ia Shalat Dua Raka’at. Kemudian beliau menyebut atsar ‘Atha’ secara mu’allaq : “Apabila ketinggalan shalat ‘Ied, maka ia shalat dua raka’at” (Di-maushulkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Al-Firyabi dengan sanad shahih. Lihat Mukhtashar Shahih Bukhari 1/302 no. 198).
Imam Malik berkata :
في رجل وجد الناس قد انصرفوا من الصلاة يوم العيد إنه لا يرى عليه صلاة في المصلى ولا في بيته وأنه إن صلى في المصلى أو في بيته لم أر بذلك بأسا ويكبر سبعا في الأولى قبل القراءة وخمسا في الثانية قبل القراءة
“Apabila seseorang mendapati orang-orang telah selesai mengerjakan shalat ‘Ied, (sebagian orang berpandangan bahwa) ia tidak perlu mengerjakan shalat di tanah lapang maupun di rumahnya. (Akan tetapi), bila ia shalat (sendirian) di tanah lapang atau di rumahnya, menurutku hal itu tidak mengapa. Hendaklah ia bertakbir tujuh kali di raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua sebelum Al-Fatihah” (Al-Muwaththa’ no. 891).
13.   Khutbah ‘Ied
a.       Khutbah Dilaksanakan Setelah Shalat.
عن بن عباس قال شهدت العيد مع رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان رضى الله تعالى عنهم فكلهم كانوا يصلون قبل الخطبة
Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : “Aku menghadiri shalat ‘Iedul-Fithri bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar, ‘Umar, dan ‘Utsman. Semuanya melaksanakan shalat sebelum khutbah” (HR. Bukhari no. 919 dan Muslim no. 884)
b.       Hukum Menghadiri Khutbah adalah Sunnah, Tidak Wajib.
عن عبد الله بن السائب قال شهدت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم العيد فلما قضى الصلاة قال إنا نخطب فمن أحب أن يجلس للخطبة فليجلس ومن أحب أن يذهب فليذهب
Dari Abdullah bin Saib radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Aku menghadiri ‘Ied bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Ketika telah selesai shalat, maka beliau bersabda : “Sesungguhnya kami akan berkhutbah. Barangsiapa yang ingin duduk untuk mendengarkan khutbah, hendaklah ia duduk. Dan barangsiapa yang ingin pergi, maka silakan ia pergi” (HR. Abu Dawud no. 1155, Ibnu Majah no. 1290, dan yang lainnya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/316).
c.       Khutbah Dimulai dengan Pujian dan Tasyahud kepada Allah.
Telah menjadi sunnah yang tsabit (tetap) dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila beliau akan memulai khutbah, maka beliau memulainya dengan pujian kepada Allah ta’ala.
عن جابر قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب الناس يحمد الله ويثني عليه بما هو أهله ثم يقول من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وخير الحديث كتاب الله
Dari Jabir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Adalah Rasulullah berkhutbah kepada manusia, beliau memuji Allah dan menyanjungnya yang memang Dia pemilik (puji-pujian dan sanjungan). Dan kemudian beliau mengucapkan : “Barangsiapa yang Allah pimpin, tidak ada satupun yang menyesatkannya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada satupun yang akan bisa menunjukinya”. Kemudian beliau mengucapkan : “Amma ba’du, maka sesungguhnya sebaik-baik perkataan itu adalah adalah Kitabullah” (HR. Muslim no. 867).
عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال كل خطبة ليس فيها تشهد فهي كاليد الجذماء
Dari Abi Hurairah radliyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda : “Setiap khutbah yang tidak (dimulai) dengan tasyahhud, maka ia (khutbah) itu sepeti tangan yang berpenyakit” (HR. Abu Dawud no. 4861. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 169).
d.       Khutbah ‘Ied Dua Kali Diselingi dengan Duduk (Seperti Shalat Jum’at) ?
Yang rajih dalam hal ini adalah bahwa khutbah ‘Ied itu satu kali dan tidak diselingi dengan duduk. Dasarnya adalah :
شهدت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم الصلاة يوم العيد فبدأ بالصلاة قبل الخطبة بغير أذان ولا إقامة ثم قام متوكئا على بلال فأمر بتقوى الله وحث على طاعته ووعظ الناس وذكرهم ثم مضى حتى أتى النساء فوعظهن وذكرهن فقال تصدقن فإن أكثركن حطب جهنم فقامت امرأة من سطة النساء سفعاء الخدين فقالت لم يا رسول الله قال لأنكن تكثرن الشكاة وتكفرن العشير قال فجعلن يتصدقن من حليهن يلقين في ثوب بلال من أقرطتهن وخواتمهن
Dari Jabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Aku hadir bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pada hari ‘Ied. Beliau memulai shalat sebelum khutbah tanpa adzan dan iqamat. Kemudian beliau berdiri dengan berpegangan kepada Bilal. Lalu beliau memerintahkan untuk bertaqwa kepada Allah, menganjurkan ketaatan kepada-Nya, lalu beliau memberi nasihat dan mengingatkan mereka. Kemudian beliau berjalan hingga mendatangi wanita, menyampaikan nasihat kepada mereka dan mengingatkan mereka, lalu bersabda : “Wahai sekalian wanita, hendaklah kalian mengeluarkan shadaqah, karena kalian adalah kayu bakar Jahannam yang paling banyak”. Seorang wanita dari kerumunan para wanita yang kedua pipinya kehitaman, berdiri dan berkata : “Mengapa wahai Rasulullah?”. Beliau menjawab : “Karena kalian banyak mengeluh dan mengingkari suami”. Jabir berkata : “Maka mereka dengan segera bershadaqah dengan perhiasan mereka, dengan melemparkan ke kain Bilal, berupa anting-anting dan cincin mereka” (HR. Muslim no. 885).
Dhahir hadits di atas menunjukkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam hanya berkhutbah sekali dan kemudian pergi ke tempat para wanita. Adapun hadits yang menyebutkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dua kali (sebagaiman khutbah Jum’at), maka ia adalah hadits dla’if.
عن جابر قال خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم فطر أو أضحى فخطب قائما ثم قعد قعدة ثم قام
Dari Jabir ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar pada hari raya ‘Iedul-Fithri atau ‘Iedul-Adlha, maka beliau berkhutbah dengan berdiri, kemudian duduk, dan kemudian berdiri kembali” (HR. Ibnu Majah no. 1289 – dla’if/munkar. Lihat Dla’if Sunan Ibni Majah 1/95).
Adapun apa yang diriwayatkan dalam Shahih Ibnu Khuzaimah no. 1446 (shahih) :
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يخطب الخطبتين وهو قائم وكان يفصل بينهما بجلوس
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dua kali dengan berdiri dan memisahkan antara dua khutbah itu dengan duduk” ;
maka ini adalah shifat khutbah Jum’at. Hal itu dikarenakan dalam riwayat lain, hadits tersebut dibawakan dengan redaksi :
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب يوم الجمعة قائما ثم يجلس
Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah pada hari Jum’at dengan berdiri kemudian duduk…”  (HR. Muslim no. 861).
14.   Bila ‘Ied Bertepatan dengan Hari Jum’at
Apabila hari raya ‘Ied jatuh bertepatan dengan hari Jum’at, maka kewajiban melaksanakan shalat Jum’at bagi laki-laki (yang telah melaksanakan shalat ‘Ied di hari itu) menjadi gugur – akan tetapi ia wajib melaksanakan shalat Dhuhur. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
قد اجتمع في يومكم هذا عيدان فمن شاء أجزأه من الجمعة وإنا مجمعون
“Pada hari ini telah berkumpul dua hari raya pada kalian. Maka barangsiapa yang ingin, maka tidak ada kewajiban Jum’at baginya. Karena sesungguhnya kita telah  dikumpulkan” (HR. Abu Dawud no. 1073 dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/296).



[1]       Hadits ini menunjukkan bahwa para wanita haidl diperintahkan untuk mendatangi tanah lapang, akan tetapi tempat mereka agar terpisah dari shaff-shaff kaum muslimin yang melaksanakan shalat (sedikit menjauh). Sebagian ulama juga beristidlal dengan hadits ini atas terlarangnya wanita haidl untuk menetap di masjid. Wallaahu a’lam.
[2]       Adapun lafadh takbir hari raya ‘Iedul-Fithri (juga ‘Iedul-Adlhaa) selain dari yang disebut di atas, menurut ulama ahli hadits, bukanlah berasal dari riwayat shahih dari salaf. Allaahu a’lam.
[3]       Waktu paling utama mengeluarkan zakat adalah dipagi hari sebelum pelaksanaan shalat ‘Iedul-Fithri.

No comments: