Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Tuesday 16 July 2013

Sekretariat Bersama

IV.14.  Bentuk Sekretariat Bersama
          Selain landasan moral, ada beberapa masalah teknis yang sangat penting untuk terciptanya kesamaan visi, misi, agenda, program kerja, target serta persatuan dan kesatuan ummat Islam. Diantaranya adalah membentuk sekretariat bersama, membuat standar dan membentuk lembaga sertifikasi.

          Dengan adanya sekretariat bersama, maka perwakilan jama’ah atau organisasi Islam dapat bertemu dan menjalin kerjasama serta mengurangi derajat pertikaian atau permusuhan. Disinilah kesalahpahaman diselesaikan. Sehingga masing-masing pihak dapat berdialog untuk menuju cita-cita bersama. Yaitu terwujudnya masyarakat yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.
          Diantara mereka dapat membuat kesepakatan bersama. Kemudian membagi tugas sesuai dengan spesialisasi, kualifikasi dan kompetensi masing-masing jama’ah.
          Lalu dibuatlah berbagai prioritas dakwah sesuai kebutuhan umat saat ini. Disepakati program kerja dan agenda besar umat untuk diperjuangkan bersama melalui berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki ummat.
          Dengan adanya sekretariat bersama atau kesepakatan, maka pekerjaan akan lebih efektif. Tidak tumpang tindih dan tidak saling serobot. Apalagi saling menyalahkan dan menghakimi diantara lembaga atau jama’ah dakwah yang ada.
          Perlu juga ditetapkan musuh bersama. Agar kita konsentrasi memerangi musuh tersebut. Yang menurut penulis musuh kita adalah kemiskinan. Mulai dari kemiskinan ilmu, kemiskinan akidah[1], kemiskinan moral, kemiskinan ibadah, kemiskinan harta, kemiskinan media, kemiskinan wala’ hingga kemiskinan ukhuwwah.



[1] Diantaranya adalah Kristenisasi dan gerakan pemurtadan

No comments: