Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Thursday 27 June 2013

Luas Objek Dakwah

III. 6  Luasnya Objek dakwah

          Data statistik menyatakan bahwa jumlah kaum muslimin di seluruh dunia bisa mencapai 2 milyar manusia. Berbeda dengan di zaman Rasulullah yang jumlahnya hanya ratusan ribu kaum muslimin.           Dengan objek dakwah (mad’u) yang begitu luas dan begitu banyak tentu dibutuhkan berbagai pendekatan yang berbeda-beda dalam mendakwahi mereka.

          Ada objek dakwah yang menyukai tahlil dan dzikir. Ada yang senang dengan jihad. Ada yang senang dengan hudud atau hukum dan jinayah. Ada yang senang dengan tarbiyah atau pendidikan. Ada yang cocok dengan qalbu. Ada yang pas dengan ekonomi. Ada yang suka dengan seni dan budaya. Ada yang menyukai dakwah dan berkeliling kota. Ada yang senang dengan penegakkan khilafah. Semuanya itu harus ditampung dan difasilitasi.

          Untuk itu maka dibutuhkan lembaga-lembaga dakwah atau majelis-majelis taklim yang dapat memfasilitasi berbagai kegiatan tersebut. Maka menjamurlah berbagai jenis majelis ta’lim, organisasi, jama’ah dan lembaga dakwah yang memiliki perhatian sesuai dengan kemampuan masing-masing.

No comments: