Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Tuesday 25 June 2013

Cinta Sejati


1.1.         Cinta Sejati


Cinta dapat dibedakan menjadi dua yaitu cinta semu dan cinta sejati. Cinta semu adalah cinta yang didasarkan kepada nafsu semata. Atau nafsu yang tidak dibimbing oleh wahyu. Cinta semu memang nampak indah di permukaan. Tapi hakekatnya sangat membahayakan nilai-nilai kemanusiaan. Karena ia akan merusak 5 hal. Yaitu diin (agama), nasl (keturunan), maal (harta), nafs (jiwa). Aql (akal).
Contohnya adalah obral cinta yang telah penulis uraikan di atas. Nampaknya indah. Padahal hakekatnya adalah kotor dan menjijikkan. Bagaimana seorang suami yang sudah punya istri tapi hobi dugem dengan wanita bar atau karaoke. Akibatnya sama-sama kita ketahui. Ia di-PHK. Ini berarti merusak maal (harta). Lalu keluarganya sengsara. Kemudian akalnya tidak jalan. Akibatnya uangnya habis untuk wanita yang tidak jelas status hubungan hukumnya.

          Atau antara istri dengan seorang bule. Ini tentu saja akan merusak akal sehat. Mengorbankan banyak waktu dan pikiran. Atau antara vokalis terkenal dengan para artis. Ini tentu akan merusak akal. Merusak keturunan, merusakan harta, jiwa hingga agama. Karena secara agama hal ini masuk kategori perzinahan. Yang hukumannya adalah dirajam bagi yang menikah atau pernah menikah. Atau dicambuk 100 kali bagi yang masih bujangan atau belum menikah.
Atau antara seorang fans dengan super star. Ketika super star mengajak bernyanyi, mereka bernyanyi. Mengajak mengangkat tangan, mereka mengangkat tangan. Mengajak maju, ikut maju. Mengajak mundur, ikut mundur. Mengajak tepuk tangan, ikut tepuk tangan. Ini adalah betul-betul bodoh. Karena mengikuti sesuatu tanpa ilmu. Lebih-lebih jika lagu yang dibawakan adalah lagu yang tidak jelas.
Atau seperti cinta seseorang kepada benda-benda pusaka, seperti keris, tombak dan akik. Kadang dimandikan dengan kembang dan diberikan makanan berupa kemenyan. Kemudian dimintai pertolongan. Atau kadang merasa kehilangan kepercayaan diri, jika cincinnya tertinggal. Bahkan kadang membelinya hingga ratusan atau milyaran rupiah. Hanya demi sebuah batu atau keris. Karena menganggap di dalamnya memiliki kekuatan, kharisma dan keagungan.
Sedangkan cinta sejati adalah cinta yang dibimbing oleh Alqur’an dan sunnah nabi SAW. Silahkan anda mencintai wanita cantik. Tapi sebelumnya hendaklah anda menikahinya. Dengan syarat ia betul-betul seorang wanita dan bukan orang musyrik.
Atau silahkan anda keluar masuk hotel yang satu ke hotel yang lain. Dari penginapan satu ke penginapan yang lain. Dari tempat rekreasi yang satu ke tempat wisata yang lain. Dengan syarat yang menemaninya anda adalah istri anda. Bukan istri orang lain.
Silahkan anda mencintai keris dan akik. Dengan catatan hanya anda pergunakan sebagai perhiasan semata. Sebagaimana anda memperlakukannya seperti benda-benda lainnya.
Silahkan anda mencintai burung perkutut. Asal anda tidak mengkultuskannya. Atau minta bantuan kepadanya. Tapi cukuplah ia sebagai hobi untuk didengarkan suaranya yang indah dan merdu. Namun lebih baik lagi jika ia anda lepas di alam bebas.

Silahkan anda memiliki alphard, land cruiser hingga hammer. Asalkan itu anda peroleh dengan uang yang halal. Bukan uang hasil mencuri, menipu atau korupsi. Dan bukan karena untuk pamer dan sombong. Tapi alangkah baiknya, jika anda membeli kendaraan yang sepantasnya. Kecuali hal itu memang kebutuhan dalam rangka bisnis.

No comments: