Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Sunday 19 May 2013

DUIT


BAB I
PENDAHULUAN

Ciri orang sukses adalah memiliki banyak DUIT. Dengan banyak DUIT maka kita akan dapat memenuhi segala kebutuhan hidup. Baik yang primer (dharurat), sekunder (hajiyat) maupun tersier (tahsinat).
Dengan banyak DUIT saya yakin, bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar. Bangsa yang kuat. Bangsa yang gemah ripah loh jinawi tenterem kertoraharjo. Dalam bahasa Alqur’an yaitu menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.(Negeri yang baik, diridhai dan diampuni oleh Allah SWT).
Saya bukan orang materialis yang mengajak pembaca untuk cinta DUIT. Tapi kenyataannya dalam hidup ini kita butuh banyak DUIT. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, bisnis hingga rekreasi semuanya membutuhkan DUIT.
Namun yang saya Maksud DUIT disini adalah Do’a, Usaha, Ibadah dan Tawakal. Dengan keempat hal tersebut saya yakin kita akan menjadi pribadi-pribadi yang maju, tumbuh dan berkembang menjadi mukmin sejati. Mukmin yang dijamin Allah dengan keberuntungan. Dengan kemenangan. Dan tentu saja akan menjadi pewaris Jannatul Firdaus. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Mukminuun berikut ini:
قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (1) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ (2) وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ (4) وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (5) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (6) فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (7) وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (8) وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ (9) أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ (10) الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (11)
 1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, 2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sholatnya, 3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, 4. dan orang-orang yang menunaikan zakat, 5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, 6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. 7. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. 8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.  9. dan orang-orang yang memelihara sholatnya. 10. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, 11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

Dan surat Al Anfaal ayat 2-4 :

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آَيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (2) الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (3) أُولَئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا لَهُمْ دَرَجَاتٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ (4)
          2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. 3. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. 4. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia.”
          Berdasarkan ayat-ayat di atas sangat jelas bahwa untuk menjadi sukses atau menang atau beruntung membutuhkan DUIT.  Yaitu dengan sholat dan dzikir yang merupakan simbol doa, karena makna sholat adalah do’a. Lalu iman, membaca ayat-ayat Allah, sholat, zakat dan berinfak yang merupakan simbol dari ibadah mahdhoh. Kemudian belajar mengajar Al Islam, menjaga amanah dan kemaluan yang merupakan simbol ibadah ghairu mahdhah. Selanjutnya tawakal kepada Allah SWT. Yaitu menyerahkan segala hasilnya kepada Allah setelah kita berusaha dengan sekuat tenaga, beribadah dan berdo’a kepadaNya.

No comments: