Shalat Tarawih
Banyak di antara kaum muslimin
yang masih belum paham tentang peristilahan : Shalat Lail, Shalat Tahajjud, dan
Shalat Tarawih. Shalat Lail adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu
malam hari setelah shalat ‘isya’ sampai dengan sebelum fajar shadiq muncul. Adapun
Shalat Tahajjud adalah Shalat Lail yang didahului dengan tidur malam. Dan
shalat Tarawih adalah Shalat Lail yang dilakukan pada bulan Ramadlan.
1.
Disyari’atkannya Shalat Tarawih
dengan Berjama’ah
Shalat tarawih disyari’atkan dengan berjama’ah berdasarkan
hadits ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa :
أن
رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج من جوف الليل فصلى في المسجد فصلى رجال بصلاته
فأصبح الناس يتحدثون بذلك فاجتمع أكثر منهم فخرج رسول الله صلى الله عليه وسلم في
الليلة الثانية فصلوا بصلاته فأصبح الناس يذكرون ذلك فكثر أهل المسجد من الليلة
الثالثة فخرج فصلوا بصلاته فلما كانت الليلة الرابعة عجز المسجد عن أهله فلم يخرج
إليهم رسول الله صلى الله عليه وسلم فطفق رجال منهم يقولون الصلاة فلم يخرج إليهم
رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى خرج لصلاة الفجر فلما قضى الفجر أقبل على الناس
ثم تشهد فقال أما بعد فإنه لم يخف علي شأنكم الليلة ولكني خشيت أن تفرض عليكم صلاة
الليل فتعجزوا عنها
“Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
keluar pada waktu tengah malam, lalu beliau shalat di masjid. Lalu
shalatlah beberapa orang bersama beliau.
Di pagi hari, orang-orang memperbincangkannya. Maka berkumpullah kebanyakan dari
mereka. Ketika Nabi shallallaahu ‘alaihi
wasallam mengerjakan shalat di malam kedua, mereka pun shalat bersama beliau. Di pagi hari berikutnya, orang-orang
memperbincangkannya kembali. Di malam
ketiga, jumlah jama’ah yang ada di masjid bertambah banyak. Lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
keluar dan melaksanakan shalatnya. Pada
malam keempat, masjid tidak mampu lagi menampung jama’ahnya, dan beliau tidak
keluar melaksanakan shalat malam sebagaimana sebelumnya kecuali beliau hanya
melaksanakan shalat shubuh. Ketika telah
selesai melaksanakan shalat Shubuh, beliau menghadap kepada jama’ah kaum
muslimin, kemudian membaca syahadat, dan bersabda : Amma ba’du, sesungguhnya
keadaan kalian tidaklah samar bagiku di malam tersebut (= yaitu iman dan
semangat kalian dalam beribadah), akan tetapi aku merasa khawatir (ibadah ini)
akan diwajibkan kepada kalian, lalu kalian tidak sanggup melakukannya”. (HR. Bukhari no. 882 dan Muslim no. 761).
Setelah Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam wafat dan syari’at telah mantap, maka hilanglah
kekhawatiran. Disyar’atkannya shalat
tarawih berjama’ah tetap ada meski telah hilang illat (sebab)-nya. Kemudian Khalifah Umar bin Khaththab radliyallahu
‘anhu menghidupkan shalat tarawih secara berjama’ah kembali, sebagaimana
hadits Abdurrahman bin Al-Qari (HR. Bukhari 4/218, Malik 1/114, dan Abdurrazzaq
no. 7723).
Dan Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam telah bersabda ketika menekankan untuk berjama’ah ketika
shalat tarawih:
إنه
من قام مع الامام حتى ينصرف كتب له قيام ليلة
“Sesungguhnya barangsiapa
shalat tarawih bersama imam (berjama’ah) sampai selesai, maka ditulis baginya
sama dengan shalat semalam suntuk” (HR. Ibnu Abi Syaibah no. 2/286 no. 228, Abu Dawud no. 1375, Tirmidzi
no. 806, Nasa’i dalam Al-Kubraa no.
1287 serta dalam Al-Mujtabaa no.
1364, dan lainnya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/379-380).
2.
Jumlah Raka’at Shalat Tarawih
a.
Para
ulama berbeda pendapat mengenai jumlah raka’at tarawih. Namun selama pendapat-pendapat tersebut
dilandasi dengan dalil yang shahih, maka tetap dapat dipakai dan diterima. Dan bahkan itu menunjukkan
keluasan syari’at Islam.
b.
Jumlah raka’at yang disebutkan
melalui hadits-hadits shahih adalah 13 raka’at, 11 raka’at dan 9 raka’at. Diriwayatkan secara shahih dari ‘Aisyah radliyallaahu
‘anhaa bahwasannya beliau tidak pernah melakukan shalat
lail/tahajjud/tarawih melebihi 11 raka’at, yaitu dengan perkataannya :
ما
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يزيد في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة
ركعة......
“Tidaklah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
melebihkan (jumlah raka’at) pada bulan Ramadlan dan tidak pula pada selain
bulan Ramadlan dari 11 raka’at” (HR. Bukhari no. 1096 dan Muslim no. 736).
Adapun riwayat yang menyebutkan 13 raka’at (Muslim no. 737;
Ahmad no. 2987; Abu Dawud no. 1338; dan Tirmidzi no. 442) tidak bertentangan
dengan hadits ‘Aisyah di atas. Sebab, 13
raka’at tersebut dihitung termasuk 2 raka’at ringan dari shalat rawatib
ba’diyyah ‘isya’. Untuk pembahasan
selengkapnya, silakan merujuk pada kitab Qiyaamu
Ramadlan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah.
c.
Adapun pendapat yang menyebutkan
jumlah raka’at shalat tarawih adalah 23 raka’at adalah pendapat yang lemah (dla’if)
berdasarkan penelitian dari para pakar ahli hadits. Diantara hadits yang dijadikan hujjah
diantaranya adalah :
-
Dari
Yazid bin Ruman beliau berkata :
كان
الناس يقومون في زمان عمر بن الخطاب في رمضان بثلاث وعشرين ركعة
“Manusia menegakkan (shalat
tarawih) di bulan Ramadlan pada masa ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu 23
raka’at” (Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al-Muwaththa’’ no. 252).
Sanad hadits ini terputus (munqathi’). Imam Al-baihaqi berkata : “Yazid bin Ruman
tidak menemui masa Umar” (Nashbur-Rayah 2/154). Kesimpulannya : hadits ini lemah (dla’if).
-
Dari Abu Syaibah Ibrahim bin
‘Utsman dari Hakam dari Miqsam dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma
berkata :
أن
النبي صلى الله عليه وسلم كان يصلي في رمضان عشرين ركعة
“Sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat
di bulan Ramadlan 20 raka’at dan witir” (HR. Thabarani dalam Mu’jamul-Ausath no. 802 dan 1/243, dan dalam Al-Mu’jamul-Kabiir
no. 11934).
Imam Ath-Thabrani rahimahullah
berkata : “Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini kecuali Abu Syaibah dan
tidaklah diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas kecuali dengan sanad ini saja” (Al-Mu’jamul-Ausath
1/244). Dalam kitab Nashbur-Rayah
(2/153) dijelaskan : “Abu Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman adalah perawi yang lemah
menurut kesepakatan, dan dia telah menyelisihi hadits yang shahih riwayat Abu
Salamah, sesungguhnya beliau bertanya pada ‘Aisyah : Bagaimana shalat
Rasulullah di bulan Ramadlan? (yaitu dalil pada poin b di atas). Syaikh Al-Albani rahimahullah
menyatakan bahwa hadits ini palsu (maudlu’). (lihat Adl-Dla’iifah 2/35 no. 560 dan Irwaaul-Ghalil
2/191 no. 445).
-
Dari Dawud bin Qais dan yang
lainnya, dari Muhammad bin Yusuf, dari As-Sa’ib bin Yazid ia berkata :
أن
عمر جمع الناس في رمضان على أبي بن كعب وعلى تميم الداري على إحدى وعشرين ركعة
يقرؤون بالمئين وينصرفون عند فروع الفجر
“Umar radliyallaahu ‘anhu mengumpulkan orang-orang di bulan Ramadlan
(untuk melaksanakan shalat tarawih) yang diimami oleh Ubay bin Ka’ab dan Tamim
Ad-Daari dengan 21 raka’at. Mereka
membaca (surat-surat) Al-Mi’iin (= surat
yang berjumlah lebih dari 100 ayat) dan pulang di ambang fajar” (Diriwayatkan
oleh Abdurrazzaq dalam Al-Mushannaf
7730). Atsar ini pun tidak
terlepas dari kelemahan, diantaranya adalah bahwa orang-orang yang meriwayatkan
dari ‘Abdurrazzaq lebih dari satu orang, salah satunya adalah rawi yang bernama
Ishaq bin Ibrahim bin ‘Abbad Ad-Dabari.
Disinilah letak kelemahannya.
Ishaq telah menyalahi riwayat orang yang lebih tsiqah (terpercaya)
daripada dia. Walhasil, hadits ini pun berderajat munkar
dan mushahhaf (keliru).
d.
Apabila kaum muslimin tetap
bersikeras melakukan shalat tarawih dengan 23 raka’at (walaupun pendapat ini
adalah lemah), maka mereka tetap harus mengerjakannya secara thuma’ninah. Karena tidak jarang mereka yang melakukan 23
raka’at, shalat tarawih dilakukan dengan sangat cepat dan tidak thuma’ninah. Dan bahkan ada diantara mereka yang membaca
Al-Fatihah dengan satu nafas. Padahal
Allah telah memerintahkan dalam membaca Al-Qur’an : وَرَتّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلاً (= dan bacalah Al-Qur’an itu secara perlahan-lahan/tartil –
QS. Al-Muzammil : 4). Diantara mereka
juga ada yang melakukan rukuk dan sujud seperti patukan ayam (karena cepatnya –
tidak thuma’ninah), padahal Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
telah bersabda :
لا
تجزئ صلاة الرجل حتى يقيم ظهره في الركوع والسجود
“Tidak sah shalat seseorang hingga ia menegakkan
(meluruskan) punggungnya ketika ruku’ dan sujud” (HR. Abu Dawud no. 855,
Nasa’i dalam Al-Kubra no. 699,
Tirmidzi no. 265, dan Ibnu Majah no. 870; dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani
dalam Misykatul-Mashaabih 1/153).
رأى
رجلاً لا يتم ركوعه، وينقر في سجوده وهو يصلي، فقال: لو مات هذا على حاله هذه؛ مات
على غير ملة محمد؛ [ينقر صلاته كما ينقر الغراب الدم]، مثل الذي لا يتم ركوعه
وينقر في سجوده؛ مثل الجائع الذي يأكل التمرة والتمرتين لا يغنيان عنه شيئاً
“Beliau melihat seorang laki-laki yang tidak
menyempurnakan ruku’-nya dan mematuk di dalam sujudnya ketika shalat. Kemudian beliau bersabda,”Sekiranya orang ini
mati dalam keadaan seperti ini, niscaya ia mati bukan pada millah (agama)
Muhammad [karena ia mematuk dalam shalatnya sebagaimana burung gagak mematuk
darah]. Perumpamaan orang yang tidak
menyempurnakan ruku’nya dan mematuk di dalam sujudnya seperti orang yang lapar
makan satu buah kurma dan dua buah kurma yang tidak memberikan manfaat apa-apa
baginya” (HR. Abu Ya’la dalam Musnad 340/1, 349/1; dan Ath-Thabrani
dalam Al-Kabiir 1/192/1 dengan sanad
hasan. Lihat Ashlu Shifati
Shalatin-Nabiyy oleh Syaikh Al-Albani halaman 642).
Maka selayaknyalah kaum muslimin tetap melaksanakan dengan
khusyu’, thuma’ninah, dan sesuai dengan contoh Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam.
e.
Bentuk-Bentuk Shalat Tarawih dan
Witir dalam Riwayat yang Shahih
-
Tiga belas raka’at, dua
raka’at-dua raka’at yang diawali dengan dua raka’at ringan.
عن
زيد بن خالد الجهني أنه قال لأرمقن صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم الليلة فصلى
ركعتين خفيفتين ثم صلى ركعتين طويلتين طويلتين طويلتين ثم صلى ركعتين وهما دون
اللتين قبلهما ثم صلى ركعتين وهما دون اللتين قبلهما ثم صلى ركعتين وهما دون
اللتين قبلهما ثم صلى ركعتين وهما دون اللتين قبلهما ثم أوتر فذلك ثلاث عشرة ركعة
Dari Zaid
bin Khalid Al-Juhani ia berkata : “Aku akan mempraktekkan shalat malam
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Beliau shalat dua raka’at ringan,
lalu shalat dua raka’at yang sangat lama, demikian pula dua raka’at berikutnya
dan sesudahnya. Lalu shalat dua raka’at tetapi lebih pendek dari sebelumnya,
lalu shalat dua raka’at yang lebih pendek dari sebelumnya, kemudian shalat
witir (tiga raka’at). Maka jumlahnya tiga belas raka’at (HR.
Muslim no. 1284).
-
Tiga belas raka’at, delapan
raka’at dilakukan dua-dua, lalu witir lima
raka’at dengan duduk tasyahud di raka’at terakhir.
ان
رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يرقد فإذا استيقظ تسوك ثم توضأ ثم صلى ثمان
ركعات يجلس في كل ركعتين فيسلم ثم يوتر بخمس ركعات لا يجلس الا في الخامسة ولا
يسلم الا في الخامسة
Sesungguhnya
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa tidur malam, apabila bangun
beliau bersiwak lalu berwudlu kemudian melakukan shalat delapan raka’at, salam
setiap dua raka’at. Setelah itu beliau berwitir lima raka’at dengan duduk tasyahud dan salam
pada raka’at yang kelima.” (HR. Muslim no. 737 dan Ahmad, no. 24965).
-
Sebelas raka’at, salam
setiap dua raka’at, dan witir satu raka’at.
عن
عائشة زوج النبي صلى الله عليه وسلم قالت كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلي
فيما بين أن يفرغ من صلاة العشاء وهي التي يدعو الناس العتمة إلى الفجر إحدى عشرة
ركعة يسلم بين كل ركعتين ويوتر بواحدة فإذا سكت المؤذن من صلاة الفجر وتبين له
الفجر وجاءه المؤذن قام فركع ركعتين خفيفتين ثم اضطجع على شقه الأيمن حتى يأتيه
المؤذن للإقامة
Dari
‘Aisyah istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam ia berkata : “Biasanya Nabi
shallallaahu ‘alaihi wasallam melakukan shalat setelah isya’ – yang oleh
orang-orang dinamakan dengan shalat ‘atamah – sampai menjelang fajar sebanyak
sebelas raka’at, salam pada setiap dua raka’at dan witir satu raka’at. Apabila
mu’adzin telah mengumandangkan adzan fajar, dan fajar telah nampak jelas dan
muadzinpun telah hadir, maka beliau shalat dua raka’at ringan (yaitu shalat
sunnah fajar) kemudian berbaring di sisi badan yang kanan sehingga muadzin
datang mengumandangkan iqamat” (HR. Muslim no. 736).
-
Sebelas raka’at, empat
raka’at-empat raka’at lalu witir tiga raka’at.
عن
أبي سلمة بن عبد الرحمن أنه سأل عائشة كيف كانت صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم
في رمضان قالت ما كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يزيد في رمضان ولا في غيره على
إحدى عشرة ركعة يصلي أربعا فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي أربعا فلا تسأل عن
حسنهن وطولهن ثم يصلي ثلاثا
Dari Abu
Salamah bin Abdirrahman bertanya kepada ‘Aisyah : “Bagaimana shalat Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wasallam di bulan Ramadlan ?”. Aisyah menjawab :
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak pernah shalat di bulan Ramadlan
maupun di bulan selainnya lebih dari sebelas raka’at. Beliau shalat empat
raka’at, kamu jangan menanyakan bagus dan panjangnya. Setelah itu shalat empat
raka’at dan kamu jangan menanyakan bagus dan panjangnya. Kemudian beliau shalat
(witir) tiga raka’at [1]” (HR. Bukhari
no. 1909 dan Muslim no. 738).
-
Sebelas raka’at, delapan
raka’at dengan tasyahud, tetapi tidak salam, kemudian bangkit satu raka’at dan
salam (berarti sembilan raka’at). Kemudian shalat dua raka’at dan salam.
قلت
يا أم المؤمنين أنبئيني عن وتر رسول الله صلى الله عليه وسلم فقالت كنا نعد له
سواكه وطهوره فيبعثه الله ما شاء أن يبعثه من الليل فيتسوك ويتوضأ ويصلي تسع ركعات
لا يجلس فيها إلا في الثامنة فيذكر الله ويحمده ويدعوه ثم ينهض ولا يسلم ثم يقوم
فيصلي التاسعة ثم يقعد فيذكر الله ويحمده ويدعوه ثم يسلم تسليما يسمعنا ثم يصلي
ركعتين بعدما يسلم وهو قاعد فتلك إحدى عشرة ركعة يا بني فلما سن نبي الله صلى الله
عليه وسلم وأخذه اللحم أوتر بسبع وصنع في الركعتين مثل صنيعه الأول فتلك تسع يا
بنى
Dari Sa’d
bin Hisyam bin ‘Amir, ia berkata : “Wahai Ummul-Mukminin, kabarkan kepadaku
tentang shalat witir Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam”. ‘Aisyah
menjawab : “Kamilah yang mempersiapkan siwak dan air wudlu beliau. Bila Allah
membangunkan beliau pada waktu yang dikehendaki di malam hari, beliau bersiwak
dan berwudlu lantas shalat sembilan raka’at tidak duduk (tasyahud) kecuali pada
raka’at kedelapan. Beliau berdzikir, memuji Allah, (membaca shalawat Nabi –
dalam riwayat yang lain), dan berdoa, kemudian beliau bangkit dan tidak salam
meneruskan raka’at kesembilan. Kemudian beliau duduk, berdzikir, memuji Allah,
(membaca shalawat Nabi – dalam riwayat yang lain), dan berdoa, kemudian salam
dengan satu salam yang terdengar oleh kami. Setelah itu beliau shalat dua
raka’at sambil duduk. Jadi jumlahnya sebelas raka’at wahai anakku. Ketika
beliau telah tua dan gemuk, beliau berwitir tujuh raka’at, kemudian dua raka’at
setelahnya dilakukan seperti biasa, maka jumlahnya sembilan wahai anakku” (HR.
Muslim no. 746).
-
Sembilan raka’at,
diantaranya enam raka’at, duduk tasyahud pada raka’at keenam namun tidak salam,
kemudian bangkit satu raka’at dan salam (berarti tujuh raka’at). Kemudian
shalat dua raka’at dengan duduk. Dasarnya adalah hadits yang telah disebut
sebelumnya (HR. Muslim no. 746).
3.
Disunnahkan Membaca Qunut dalam
Shalat Witir
a.
Doa qunut yang dibaca dalam
shalat witir adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al-Hasan bin ‘Ali :
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepadaku beberapa kata
yang selalu kuucapkan pada waktu witir :
اللّهُـمَّ
اهْـدِنـِيْ فِـيْمَنْ هَـدَيْـت، وَعَـافِنـِيْ فِـيْمَنْ عَافَـيْت،
وَتَوَلَّـنِيْ فِـيْمَنْ تَوَلَّـيْت ، وَبَارِكْ لـِيْ فِـيْمَا أَعْطَـيْت،
وَقِـنِيْ شَرَّ مَا قَضَـيْت، فَإِنَّـكَ تَقْـضِيْ وَلا يُقْـضَى عَلَـيْك ،
إِنَّـهُ لا يَـذِلُّ مَنْ والَـيْت، [ وَلا يَعِـزُّ مَن عَـادَيْت ]،
تَبَـارَكْـتَ رَبَّـنَا وَتَعَـالَـيْت
[Alloohummah-dinii fiiman hadait, wa’aafinii fiiman
‘aafait, watawallanii fiiman tawallait, wabaariklii fiimaa a’thoit, waqinii
syarro maa qodloit. Fa-innaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaik, innahu laa yadzillu
man waalait, walaa ya’izzu man ‘aadait, tabaarokta robbanaa wata’aalait]
“Ya Allah,
berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah
aku perlindungan (dari penyakit dan apa yang tidak disukai) sebagaimana orang
yang telah Engkau lindungi, sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau
sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku,
jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang telah Engkau telah taqdirkan. Sesungguhnya
Engkau yang menjatuhkan hukum, dan tidak ada orang yang memberikan hukuman
kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina, dan tidak
akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau, wahai Rabb kami yang
Maha Tinggi” (HR. Abu Dawud no.
1425, Tirmidzi no. 464, Ibnu Majah no. 1178, An-Nasa’i dalam Al-Kubraa no. 1442, dan Ahmad no. 1727,
dan Baihaqi 2/209,497-498. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaaul-Ghalil 2/172).
Bisa ditambahkan shalawat di akhir doa qunut (lihat Irwaaul-Ghalil 2/175 no. 430).
b.
Doa qunut bisa dilakukan sebelum
atau setelah rukuk. Keduanya telah ada contohnya dalam Sunnah.
عن
أبي بن كعب أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قنت يعني في الوتر قبل الركوع
Dari Ubay
bin Ka’b radliyallaahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam melakukan qunut dalam shalat witir sebelum rukuk (HR. Abu Dawud no. 1427; dishahihkan oleh
Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/268 dan Irwaaul-Ghalil 2/167).
Dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, ia menceritakan
qunut nazilah yang dibaca Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam :
عن
أنس بن مالك قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم شهرا بعد الركوع في صلاة الصبح يدعو
على رعل وذكوان
Dari Anas
bin Malik radliyallaahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam pernah berqunut selama satu bulan (yaitu qunut nazilah) setelah rukuk
dalam shalat shubuh mendoakan kecelakaan atas Bani Ri’l, Dzakwan…..” (HR.
Muslim no. 677).
c.
Mengangkat Tangan dan Mengucapkan
Amien (Bagi Makmum)
Dasarnya adalah keumuman hadits Salman Al-Farisi
radliyallaahu ‘anhu bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
إن
ربكم تبارك وتعالى حيي كريم يستحي من عبده إذا رفع يديه إليه أن يردهما صفرا
“Sesungguhnya
Rabbmu Tabaraka wa Ta’ala adalah Yang Maha Pemalu dan Maha Pemurah. Dia merasa
malu terhadap hamba-Nya apabila ia mengangkat kedua tangannya berdoa
kepada-Nya, lalu kembali dengan tangan hampa” (HR. Abu Dawud no. 1488,
Tirmidzi no. 3556, Ibnu Majah no. 3865 dan Al-Baghawi dalam Syarhus-Sunnah 5/185. Dishahihkan oleh
Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi
Dawud 1/409).
Juga riwayat shahih dari ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu
‘anhu, dari Abu Rafi’ bahwa ia menceritakan : “Aku pernah shalat di belakang ‘Umar bin Khaththab, beliau berqunut
setelah rukuk dan mengangkat kedua tangannya sambil menjahrkan (mengeraskan)
doa” (Diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi 2/212; beliau menyatakan : “Ini
adalah riwayat dari ‘Umar radliyallaahu ‘anhu sanadnya shahih).
قنت
رسول الله صلى الله عليه وسلم شهرا متتابعا في الظهر والعصر والمغرب والعشاء وصلاة
الصبح في دبر كل صلاة إذا قال سمع الله لمن حمده من الركعة الآخرة يدعو على
أحياء من بني سليم على رعل وذكوان وعصية ويؤمن من خلفه
“Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah qunut (nazilah) pada waktu shalat Dhuhur,
‘Asar, Maghrib, ‘Isya’, dan Shubuh di akhir shalat; dan ketika mengucapkan
Sami’alloohu liman hamidah pada raka’at terakhir, beliau mendoakan kecelakaan
atas Bani Sulaim, yaitu suku Ri’l, Dzakwaan, dan Ushayyah. Sementara
orang-orang di belakang beliau mengaminkannya” (HR. Abu
Dawud no. 1443 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/397).
d.
Doa di Akhir Shalat Witir
Yaitu berdoa sebelum atau sesudah
salam pada shalat witir. Telah shahih dari ‘Ali bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi
wasallam biasa mengucapkan di akhir witirnya :
اللّهُـمَّ
إِنِّـيْ أَعُـوْذُ بِرِضَـاكَ مِنْ
سَخَطِـك، وَبِمُعَـافَاتِـكَ مِنْ عُقُوْبَـتِك، وَأَعُـوْذُ بِكَ
مِنْـكَ، لا أُحْصِـيْ ثَنـَاءً عَلَـيْك، أَنْـتَ كَمَـا أَثْنَـيْتَ عَلَـى
نَفْسـِك
[Alloohumma innii a’uudzu biridlooka min sakhothik,
wabimu’aafaatika min ‘uquubatik, wa-a’uudzubika minka, laa uhshii tsanaa-an
‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘alaa nafsik]
“Ya Allah,
aku berlindung kepada-Mu dengan keridlaan-Mu dari kemarahan-Mu, dengan
keselamatan-Mu dari siksa-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari diri-Mu. Tidak
dapat kuhitung pujian kepada diri-Mu, sebagaimana yang dapat Engkau lakukan
terhadap diri-Mu sendiri” (HR. Abu
Dawud no. 1427, Tirmidzi no. 3566, Ibnu Majah no. 1179, dan lainnya.
Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih
Sunan Abi Dawud 1/393 dan Irwaaul-Ghalil
2/175 no. 430).
سُـبْحانَ
اْلمَلِكِ اْلقُدُّوس سُـبْحانَ اْلمَلِكِ اْلقُدُّوس سُـبْحانَ اْلمَلِكِ
القُدُّوس [رَبِّ اْلمَلائِكَةِ وَالرُّوْح]
[Subhaanal-Malikil-Qudduus,
Subhaanal-Malikil-Qudduus, Subhaanal-Malikil-Qudduus, Rabbil-Malaaikati
war-Ruuh]
“Maha Suci Allah Raja Yang Suci, Maha Suci Allah Raja Yang
Suci, Maha Suci Allah Raja Yang Suci” (Nabi
mengangkat suara dan memanjangkannya pada saat yang ketiga) Rabbnya para malaikat dan ruh”
(HR. Abu Dawud no. 1430, An-Nasa’i dalam Al-Kubraa
no. 446-447, Ahmad no. 15390 dan Ad-Daruquthni 2/31 Bab Maa Yuqra-u fii Raka’aatil-Witr wal-Qunuut Fiih. Adapun kalimat
dalam tanda kurung merupakan tambahannya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani
dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/393
dan Salim Al-Hilaly dalam Shahih
Al-Adzkar 2/255).
e.
Bolehkah Witir Dua Kali dalam
Satu Malam ?
Mengerjakan witir dua kali dalam satu malam hukumnya
adalah makruh berdasarkan sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam :
لا
وتران في ليلة
“Tidak ada
witir dalam satu malam” (HR. Abu Dawud no. 1439, An-Nasa’i
dalam Al-Kubraa no. 1388, dan yang
lainnya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Abani dalam Shahihul-Jami’ish-Shaghir no. 7567).
Shalat witir bisa dilakukan sebelum atau sesudah tidur.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
من
خاف أن لا يقوم من آخر الليل فليوتر أوله ومن طمع أن يقوم آخره فليوتر آخر الليل
فإن صلاة آخر الليل مشهودة وذلك أفضل
“Barangsiapa
yang merasa khawatir tidak bisa bangun pada akhir malam, maka hendaklah ia
shalat witir pada awalnya (yaitu sebelum tidur). Dan barangsiapa yang mampu
bangun di akhir malam, maka hendaklah ia shalat di waktu tersebut. Sesungguhnya
shalat di akhir waktu malam disaksikan (oleh para malaikat). Dan itulah yang lebih utama” (HR. Muslim no. 755).
4.
Bilamana Kaum Wanita Shalat Berjama’ah di Masjid?
a.
Pada Asalnya, Kaum Wanita Tidak Terlarang Melaksanakan
Shalat di Masjid
Hal ini
sesuai dengan keumuman ayat :
إِنّمَا
يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللّهِ مَنْ آمَنَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الاَخِرِ وَأَقَامَ
الصّلاَةَ وَآتَىَ الزّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلاّ اللّهَ فَعَسَىَ أُوْلَـَئِكَ
أَن يَكُونُواْ مِنَ الْمُهْتَدِينَ
“Hanyalah
yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada
Allah dan hari kemudian, serta mereka tetap mendirikan salat, menunaikan zakat,
dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah orang-orang yang
mendapat petunjuk” (QS. At-Taubah : 17-18).
عن
بن عمر قال كانت امرأة لعمر تشهد صلاة الصبح والعشاء في الجماعة في المسجد فقيل
لها لم تخرجين وقد تعلمين أن عمر يكره ذلك ويغار قالت وما يمنعه أن ينهاني قال
يمنعه قول رسول الله صلى الله عليه وسلم لا تمنعوا إماء الله مساجد الله
Dari Abdullah bin ‘Umar
radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : “Salah seorang istri ‘Umar bin Al-Khaththab
radliyallaahu ‘anhu biasa menghadiri shalat ‘isya’ dan shbuh berjama’ah di
masjid. Ada yang
berkata kepadanya : ‘Mengapa Anda keluar, bukankah Anda tahu bahwa ‘Umar tidak
menyukai hal ini dan pencemburu ?’. Ia menjawab : ‘Apa yang menghalanginya
untuk melarangku adalah sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam : “Janganlah
kalian melarang kaum wanita pergi ke masjid” (HR. Bukhari no. 858 dan Muslim no. 442. Lafadh ini
milik Bukhari).
b.
Rumah Lebih Afdlal bagi Kaum Wanita daripada Masjid untuk
Melaksanakan Shalat
عن
بن عمر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا تمنعوا نساءكم المساجد وبيوتهن
خير لهن
Dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu
‘anhuma ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam : “Janganlah
kalian melarang wanita-wanitamu pergi ke masjid; akan tetapi shalat di rumah
adalah lebih baik bagi mereka” (HR. Abu Dawud no. 567, Ibnu Khuzaimah no. 1683, Al-Hakim
no. 755 dan yang lainnya; shahih lighairihi sebagaimana dikatakan oleh Syaikh
Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/169
dan Syaikh Musthafa Al-‘Adawi dalam Jami’
li-Ahkaamin-Nisaa’ 1/293).
c.
Keluarnya Wanita ke Masjid untuk Shalat Setidaknya Memenuhi
Beberapa Syarat Berikut:
ü
Tidak Memakai Wangi-Wangian
عن
أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال لا تمنعوا إماء الله مساجد الله
ولكن ليخرجن وهن تفلات
Dari Abu Hurairah radliyallaahu
‘anhu ia berkata : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
bersabda : “Janganlah kalian melarang kaum wanita ke masjid, dan hendaklah
mereka keluar tanpa memakai wangi-wangian” (HR. Abu Dawud no. 565; Ahmad 2/438,475,528;
Ibnul-Jarud no. 169; Ibnu Khuzaimah no. 1679, dan lain-lain; hasan shahih.
Lihat Shahih Sunan Abi Dawud 1/169).
ü
Tidak Menimbulkan Fitnah
عن
يحيى وهو بن سعيد عن عمرة بنت عبد الرحمن أنها سمعت عائشة زوج النبي صلى الله عليه
وسلم تقول لو أن رسول الله صلى الله عليه وسلم رأى ما أحدث النساء لمنعهن المسجد
كما منعت نساء بني إسرائيل قال فقلت لعمرة أنساء بني إسرائيل منعهن المسجد قالت
نعم
Dari Yahya bin Sa’id, dari ‘Amrah
binti ‘Abdirrahman, bahwasannya ia telah mendengar ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa
istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata :”Sekiranya Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wasallam melihat apa yang dilakukan kaum wanita sekarang,
tentu beliau akan melarang mereka pergi ke masjid sebagaimana dilarangnya kaum
wanita Bani Israil”. Aku berkata kepada ‘Amrah : “Apakah wanita Bani Israil
dilarang pergi ke tempat ibadah mereka ?”. Ia menjawab : “Benar” (HR. Bukhari no. dan Muslim no. 445. Lafadh ini milik Muslim).
[1] Kaifiyat
pelaksanaan shalat witir tiga raka’at ini bisa dua macam. Pertama, dilakukan tiga raka’at sekaligus dengan duduk tasyahud dan
salam di raka’at ketiga, Kedua,
dilakukan dua raka’at salam, dan satu raka’at salam; sesuai dengan keumuman
kaifiyat shalat malam : صلاة الليل مثنى مثنى “Shalat
malam itu dilaksanakan dua raka’at-dua raka’at” (HR. Muslim no.
749).
2 comments:
Terima kasih kang
Sama sama semoga bermanfaat
Post a Comment