Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Sunday 20 April 2014

Ngalor Ngidul



NGALOR-NGIDUL

Ngalor-ngidul atau ke utara ke selatan. Atau ngetan-ngulon, ke timur ke barat adalah pepatah jwa yang diperuntukkan bagi orang yang tidak memiliki pendirian. Tidak memiliki pedoman dan pegangan yang kuat dalam hidupnya. Ia hanya ikut arah angin. Angin ke utara ia ke utara. Angin ke selatan ia ke selatan. Angin ke timur ia pergi ke timur. Angin ke barat ia ke barat.

Energi ini banyak menimpa bangsa ini. Contohnya dalam pemilu ketika banyak orang memilih merah maka ia ikut merah. Ketika banyak yang memilih biru ia ikut biru. Ketika musim kuning maka ia memilih warna kuning. Bangsa ini kurang memperhatikan secara seksama kinerja dari warna-warna tersebut. Mereka dengan mudah dikendalikan oleh media masa/elektronik dan opini yang dibangun oleh para pemodal besar. Padahal selama ini kita tahu warna-warna tersebut telah gagal memakmurkan bangsa ini.
Demikian halnya dalam gaya hidup. Bangsa ini tidak memiliki pendirian. Hobinya copy paste dengan gaya yang sedang berkembang. Musim A, maka mereka membeli barang A. Musim B, maka ramai-ramai membeli barang B. Musim C, maka berduyun-duyun memborong barang C.
Lalu bagaimana cara membakar energi negatif ini? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, antara lain :
1.            Peganglah prinsip dengan kuat jika anda meyakininya itu benar dan didasarkan kepada pedoman atau dalil yang kuat;
2.            Berkata benar walaupun pahit rasanya;
3.            Sesekali perlu berkata tidak;
4.            Lakukan penelitian secara mendalam sebelum membeli/mengikuti sesuatu;
5.            Jangan mudah tertipu oleh data awal, karena untuk menentukan kebenaran itu butuh data dan fakta yang kuat;

No comments: