Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Thursday 13 June 2013

Hal-Hal yang Mubah Dalam Puasa

Hal-Hal yang Boleh Dilakukan Oleh Orang yang Berpuasa
1.       Bersiwak
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
لولا أن أشق على أمتي ، لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة
Jika aku tidak takut menyulitkan umatku, niscaya akan kuperintahkan mereka bersiwak setiap hendak shalat” (HR. Bukhari no. 847 dan Muslim no. 252).
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak mengkhususkan hal itu hanya pada orang yang tidak berpuasa saja.  Namun secara umum berlaku untuk orang yang berpuasa maupun yang tidak berpuasa.  Dan bahkan, bersiwak ini sangat dianjurkan……
2.       Masuk Waktu Fajar dalam Keadaan Junub (Belum Mandi).
Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah bangun pagi ketika fajar, sedangkan beliau dalam keadaan junub setelah bercampur dengan istrinya, lalu beliau mandi setelah terbit fajar dan kemudian berpuasa.  Hal ini berdasarkan hadits :

عن عائشة وأم سلمة - رضي الله عنهما- : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يدركه الفجر وهو جنب من أهله ثم يغتسل ويصوم
“Dari Aisyah dan Ummu Salamah radliyallaahu ‘anhuma bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah mendapati fajar telah terbit dan ketika itu beliau dalam keadaan junub setelah bercampur dengan istrinya.  Kemudian beliau mandi dan berpuasa”  (HR. Bukhari no. 1825 dan Muslim no. 1109).
3.       Berkumur dan Memasukkan Air ke dalam Hidung (Ketika Wudlu’).
Hal ini karena Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa berkumur dan memasukkan air ke hidung saat beliau berpuasa.  Hanya saja beliau melarang orang yang berpuasa untuk berlebih-lebihan dalam melakukan kedua hal tersebut.  Laqith bin Shabirah meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
... وبالغ في الاستنشاق إلا أن تكون صائماً
Dan bersungguh-sungguhlah kalian dalam ber-istinsyaaq (memasukkan air ke dalam hidung saat berwudlu’) kecuali bila kalian berpuasa” (HR. Tirmidzi no. 788, Abu Dawud no. 142, Ibnu Abi Syaibah 1/21, Ibnu Majah no. 407, dan Nasa’i dalam Al-Mujtabaa no. 87; dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa’ul-Ghalil no. 935).
4.       Bercumbu dan Berciuman Bagi Suami Istri yang Sedang Berpuasa
Hal ini ditegaskan oleh hadits berikut :
عن عائشة رضى الله تعالى عنها قالت كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقبل وهو صائم ويباشر وهو صائم ولكنه أملككم لإربه
Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah mencium dan bercumbu pada saat beliau sedang berpuasa.  Namun beliau adalah orang yang paling kuat menahan nafsunya diantara kalian” (HR. Bukhari no. 1826 dan Muslim 1106).
Hal itu dimakruhkan bagi orang yang masih muda dan tidak bagi yang sudah tua.  Telah diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash radliyallaahu ‘anhuma ia berkata :
كنا عند النبي صلى الله عليه وسلم فجاء شاب فقال يا رسول الله أقبل وأنا صائم قال لا فجاء شيخ فقال أقبل وأنا صائم قال نعم قال فنظر بعضنا إلى بعض فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم قد علمت لم نظر بعضكم إلى بعض ان الشيخ يملك نفسه
Kami pernah bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba seorang pemuda mendekati beliau seraya berkata,”Wahai Rasulullah, bolehkah aku mencium istriku sedangkan aku dalam kondisi berpuasa?”.  Beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab,”Tidak boleh”.  Kemudian datang seorang yang telah tua seraya berkata,”Apakah aku boleh mencium (istriku) sedangkan aku dalam kondisi berpuasa?”.  Beliau menjawab,”Boleh”.  Abdullah berkata,”Lalu kami saling berpandangan, kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya orang yang sudah tua tersebut mampu untuk menahan nafsunya” (HR. Ahmad no. 6739, 7054 dan Thabrani dalam Al-Kabiir 11040; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 1606).
5.       Tranfusi Darah dan Suntikan yang Tidak Dimaksudkan Sebagai Makanan.
6.       Berbekam
Pada awalnya berbekam (canduk) termasuk perkara yang membatalkan puasa sebagaimana hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam :
أفطر الحاجم والمحجوم
Telah berbuka (batal puasa) orang yang berbekam dan yang dibekam” (HR. Tirmidzi no. 774; Abu Dawud no. 2367, 2370,2371; Ibnu Majah no. 1679; dan lainnya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 2/68).
Lalu kemudian hukum ini dimansukh (dihapuskan).  Hal ini terlihat dari perbuatan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau berbekam pada saat berpuasa, sebagaimana hadits berikut :
عن بن عباس رضى الله تعالى عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم احتجم وهو محرم واحتجم وهو صائم
Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu anhuma bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam berbekam saat beliau dalam keadaan ihram (haji) dan pernah berbekam dalam keadaan berpuasa (HR. Bukhari no. 1836; lihat Kitab Nasikh Al-Hadits wa Mansukhuhu karya Ibnu Syahin 334-338).
7.       Mencicipi Makanan
Mencicipi makanan dibolehkan bagi orang yang berpuasa dengan catatan tidak sampai masuk ke tenggorokan (tertelan).  Hal tersebut didasarkan atsar dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma :
لا باس أن يذوق الخل ، أو الشيء ما لم يدخل حلقه وهو صائم
Tidak ada masalah untuk mencicipi cuka atau yang lainnya selama tidak dimasukkan ke dalam kerongkongannya, sedangkan dia dalam keadaan berpuasa” (HR. Bukhari dalam Fathul-Baari 4/154 secara mu’allaq dan disambung oleh Ibnu Abi Syaibah 2/463; dan Baihaqi 4/261 dengan sanad hasan).
8.       Celak, Obat Tetes Mata, dan Semisalnya yang Dimasukkan ke dalam Mata
Memakai celak dan obat tetes mata tidak termasuk perkara yang membatalkan puasa, baik pengaruh rasanya sampai tenggorokan maupun tidak.  Pendapat ini dikuatkan (ditarjih) oleh Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah di dalam risalahnya Haqiiqatush-Shiyaam, dan juga oleh muridnya Ibnul-Qayyim dalam Zaadul-Ma’aad.
Imam Bukhari berkata dalam Shahih-nya :
ولم ير أنس والحسن وإبراهيم بالكحل للصائم بأسا
”Anas, Al-Hasan, dan Ibrahim tidak mempermasalahkan celak mata bagi orang yang berpuasa” (Lihat Fathul Baari 4/153).
9.       Membasahi Kepala dengan Air Dingin dan Mandi
Al-Bukhari dalam Shahih-nya bab Ightisal Ash-Shaaim,”Ibnu Umar membasahi baju (dengan air) lalu memakainya, sedang dia berpuasa.  Asy-Sya’bi masuk ke kamar mandi, sedang dia berpuasa.  Al-Hasan berkata,”Tidak ada masalah dengan berkumur-kumur dan mendinginkan (badan) bagi orang yang berpuasa”.  Dalam suatu hadits disebutkan :
كان صلى الله عليه وسلم يصب الماء على رأسه وهو صائم من العطش أو من الحر

 “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah menyiramkan air di atas kepalanya, sedang dia berpuasa karena kehausan dan kepanasan” (HR. Abu Dawud no. 2365 dan Ahmad no. 16653, 23239. Dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud  2/61). 

No comments: