Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Saturday, 13 July 2013

Kunci Sukses Bisnis


Salah satu mengapa seseorang memilih berwirausaha dari pada menjadi karyawan adalah karena ingin menjadi kaya. Namun pada kenyataannya menjadi wirausahawan bukanlah perkara sederhana ketika menjadi karyawan. Pernah seorang sahabat mengeluh merasa sama sama bekerja keras, investasi juga sama besar tapi hasilnya kok jauh berbeda? Kenapa bisa terjadi?   Berikut 7 kunci rahasia menjadi wirausahawan kaya raya. Semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian.


Rahasia Pertama, Memilih Jenis Bisnis yang Baik
Bisnis yang baik adalah:
  1.  Memiliki nilai bisnis yang tinggi.
  2.  Memiliki nilai multiplayer yang tinggi.
  3.  Memiliki perputaran kas yang baik.
  4.  Memiliki siklus bisnis yang panjang.
  5.  Tidak bertentangan dengan norma hukum dan norma sosial yang berlaku.
 Rahasia Kedua, Memilih Partner yang Tepat
Seringkali kegagalan suatu bisnis disebakan oleh kesalahan dalam melilih partner bisnis. Mulai dari visi partner yang tidak sejalan dengan Anda, sampai pada yang paling buruk adalah pengkhianatan! Solusinya adalah pandai-pandailah memilih partner bisnis. Berikut tips memilih partner bisnis yang baik:
  1.  Partner bisnis Anda haruslah memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Anda.
  2.  Partner bisnis Anda memiliki kompentensi dan saling melengkapi.
  3.  Memiliki reputasi yang baik, dengan mengenal betul track record partner Anda. 
 Rahasia Ketiga, Memilih Waktu yang Tepat
Kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh pemilihan waktu yang tepat. Hal ini mungkin membutuhkan intuisi yang bagus. Seseorang yang berpengalaman biasanya memiliki intuisi yang bagus dalam pemilihan waktu. Namun secara garis besar berdasar waktu dikelompokkan menjadi 2 golongan:
  1.  Menjadi pioneer atau follower.
  2.  Merupakan bisnis trend/musiman atau bukan.
     
Rahasia Keempat, Target Pasar/Konsumen yang Jelas dan Tepat.
Bisnis yang bagus bila salah menentukan target pasar bisa jadi “simalakama” dimakan jangan dibuang sayang, hasil keuntungan dari bisnis tersebut jauh dari yang Anda harapkan. Dalam menentukan target pasar ada baiknya memperhatikan hal berikut:
  1.  Aspek demografis, meliputi: jenis kelamin, usia, jumlah penduduk, mobilitas social, dsb.
  2.  Aspek sosiologis, meliputi: pendidikan, status sosial, budaya, dsb.
  3.  Aspek geografis, meliputi: kondisi daerah, infrastruktur yang tersedia, letak strategis, dsb.

Rahasia Kelima, Memahami bagaimana proses bisnis Anda berjalan.
Semakin Anda menguasai aliran proses bisnis, maka keuntungan dari bisnis akan semakin bisa Anda nikmati lebih besar. Proses mendapatkan pemasok, mengolah, mendistribusikan hingga ke end user, semakin Anda kuasai maka akan semakin baik hasilnya.  

Rahasia Keenam, Mengetahui Pesaing Bisnis Anda
Ada gula ada semut, semakin prospektif bisnis yang Anda geluti maka akan semakin banyak pula pesaing yang akan bermunculan. Untuk itu Anda tidak boleh lengah terhadap sepak terjang pesaing Anda. Hal ini juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi terhadap bisnis Anda agar tetap eksis dan berkembang.

Rahasia Ketujuh, Mengetahui Diri Anda Sendiri
Rahasia yang paling utama dari yang sudah diungkap sebelumnya, hal ini berkaitan dengan apa yang ada pada dalam diri kita. Secara umum dan sederhana ini yang sering disebut hasrat (passion). Memilih suatu bisnis jauh lebih baik apabila sesuai dengan hasrat Anda yang paling dalam.
Dari situ timbul tekad dan semangat yang tak pernah padam. Karena pada intinya kekayaan yang di peroleh dari sebuah kesuksesan bisnis dihasilkan dari sebuah proses perjalanan yang tidak singkat yang membutuhkan kebulatan tekad untuk terus memperjuangkannya, dan tentu saja diiringi oleh doa karena pada akhirnya segala sesuatunya Tuhan lah yang menentukan.  

No comments: