Translate

Mencari Artikel

FIND(Mencari)

Saturday 13 July 2013

10 Orang Terkaya Di Dunia


Jakarta - Siapakah orang terkaya di dunia saat ini? Jawabannya tergantung dari pihak yang menghitung nilai kekayaan, salah satunya adalah Bloomberg yang baru saja mengeluarkan Billionaire Index alias daftar orang terkaya.


Dalam daftar terbaru ini, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (17/5/2013), terjadi pergeseran di posisi puncak. Orang terkaya tahun lalu kini harus lengser ke posisi kedua.

Siapa saja 10 orang terkaya di dunia? Simak di bawah ini.


 Jim Walton
 Kekayaan: US$ 36,1 miliar (Rp 342,9 triliun).

Ia adalah anak bungsu dari pendiri Wal-Mart, Sam Walton, yang sekarang menjadi pimpinan perusahaan ritel tersebut. Ia juga pemilik dari Arvest Bank dan perusahaan percetakan Community Publishers. 

Bersama kedua anaknya, ia menguasai 49% saham di Wal-Mart. Jim sendiri punya sekitar 410 juta lembar saham.

Christy Walton


Kekayaan: US$ 37,9 miliar (Rp 360 triliun)

Wanita terkaya di dunia versi Bloomberg ini merupakan janda dari mendiang John T. Walton, anak kedua dari pendiri Wal-Mart, Sam Walton. 

Setelah kematian John di 2005, Christy mewarisi semua kekayaan suaminya, termasuk 12% saham di Wal-Mart, perusahaan retail raksasa AS. Ia juga memegang 25 juta lembar saham First Solar, produsen alat pengubah tenaga matahari.

Larry Ellison

 Kekayaan: US$ 41,6 miliar (Rp 395,2 triliun)

Ellison adalah pendiri dan pemilik mayoritas saham Oracle, perusahaan database terbesar di dunia. Selain 23% saham di Oracle, ia juga punya 46% saham NetSuite dan sebagian saham LeapFrog Enterprises, sebuah perusahaan pelatihan pembuatan software.

Hartanya juga termasuk US$ 4,5 miliar uang tunai, serta beberapa aset tak bergerak, seperti satu pulau di Hawaii.

David Koch


Kekayaan: US$ 45,2 miliar (Rp 429,4 triliun)

David Koch merupakan Wakil Direktur Utama Koch Industries, salah satu perusahaan multi industri terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Wichita, Kansas ini bergerak di aneka industri mulai dari penyulingan minyak, pipa, perdagangan komoditas, kertas dan lain-lain. 

Bersama kakaknya, ia punya 42% saham di perusahaan yang tahun lalu meraup omzet sebesar US$ 115 miliar (Rp 1.092 triliun) tersebut.

Charles Koch

 Kekayaan: US$ 45,2 miliar (Rp 429,4 triliun)

Charles Koch adalah komisaris sekaligus Direktur Utama Koch Industries, salah satu perusahaan multi industri terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Wichita, Kansas ini bergerak di aneka industri mulai dari penyulingan minyak, pipa, perdagangan komoditas, kertas dan lain-lain. 

Bersama adiknya, ia punya 42% saham di perusahaan yang tahun lalu meraup omzet sebesar US$ 115 miliar (Rp 1.092 triliun) tersebut.

 Ingvar Kamprad


Kekayaan: US$ 55,5 miliar (Rp 527,25 triliun)

Orang paling kaya di Swedia ini merupakan pendiri sekaligus pemilik IKEA, perusahaan ritel furnitur terbesar di dunia. Perusahaannya ini meraup omzet lebih dari US$ 36 (Rp 342 triliun) miliar dengan laba US$ 4 miliar (Rp 38 triliun).

Perusahaan investasi milik keluarganya, Ikano Group, mengoperasikan empat waralaba IKEA, bisnis kartu kredit dan propert

Amancio Ortega

 Kekayaan: US$ 560 miliar

Orang terkaya di Spanyol ini punya 59% saham Inditex, perusahaan ritel pakaian terbesar di dunia yang merupakan induk dari merek Zara. Selain perusahaan investasinya itu, Ortega juga punya perusahaan properti perkantoran di beberapa kota besar Eropa dan Amerika Serikat (AS). 

Sejak 2001 lalu, ia sudah menerima dividen sebesar 2,8 miliar euro. Dua tahun lalu, ia mengundurkan diri dari posisi komisaris Inditex.

Warren Buffett

Kekayaan: US$ 59,6 miliar (Rp 566,2 miliar)

Buffet adalah komisaris sekaligus CEO Berkshire Hathaway, perusahaan publik yang bergerak di berbagai sektor industri, mulai dari asuransi (Geico), manufaktur (Clayton Homes), energi (MidAmerican Energy, Lubrizol), dan jasa (NetJets). 

Buffet juga terkenal sering membeli saham-saham perusahaan raksasa, seperti Coca-Cola, American Express, Procter & Gamble, dan Wells Fargo. Buffet menyebut perusahaan-perusahaan ini dengan 'Gajah' dan ia memposisikan diri sebagai 'Pemburu'.

Carlos Slim

 Kekayaan: US$ 72,1 miliar (Rp 684,9 miliar)

Orang Terkaya di Meksiko ini menguasai saham America Movil, operator jaringan telekomunikasi terbesar di Benua Amerika. Ia juga main di industri perbankan (Inbursa) dan pertambangan (Minera Frisco).

Slim yang turun satu peringkat ini juga punya saham di Philip Morris, New York Times, Saks dan Caixabank. Grupo Carso, perusahaan milik keluarganya, punya bisnis di sektor konstruksi.

Bill Gates


Kekayaan: US$ 72,7 miliar (Rp 690,6 triliun).

Bill Gates naik peringkat jadi orang paling kaya di dunia versi Bloomberg setelah menyalip Carlos Slim. Ia merupakan pendiri sekaligus komisaris Microsoft, perusahaan software terbesar di dunia.

Gates juga punya 5% saham di Redmond, perusahaan yang bermarkas di Washington yang seperempat total kekayaannya berasal dari sini. Sumber kekayaan Gates lainnya berasal dari perusahaan investasi Cascade Investment. Tahun lalu ia sudah menyumbang US$ 28 miliar (Rp 266 triliun) hartanya kepada yayasan kemanusiaan miliknya.

No comments: