PENDIDIKAN AGAMA
MENCETAK GENERASI
YANG MEMILIKI AKHLAQUL
KARIMAH
Pembukaan
Dan hendaklah ada
sebagian diantara kalian umat yang mengajak kepada kebajikan, mengajak kepada
yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan merekalah itulah orang-orang yang beruntung.”
(Ali
Imran 104).
“Kalian adalah umat
terbaik yang dilahirkan oleh suatu zaman, yang mengajak kepada ma’ruf dan
mencegah dari kemunkaran dan beriman kepada Allah…..”. (Ali Imran 110).
Man Power Development (Pengembangan
Sumber Daya Manusia) adalah salah satu kunci untuk membawa umat Islam keluar
dari kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan dalam berbagai bidang kehidupan.
SDM adalah kunci perubahan sekaligus faktor terpenting dalam peradaban,
kebudayaan dan kemajuan suatu umat atau bangsa. The man behind the gun.
Allah berfirman yang artinya :
“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum sehingga
mereka mau merubah dirinya sendiri” (Ar Ra’du ayat 12)
Jadi perubahan dan kemajuan sangat
ditentukan oleh perubahan dan kemajuan pada diri setiap kaum. Jadi
perubahan dimulai dari individu-individu. Baru kemudian melangkah kepada
perubahan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
Dalam konteks Alqur’an maupun sejarah umat manusia
perubahan dan kemajuan hampir selalui dimulai oleh pendidikan. Ayat-ayat
Alqur’an dan hadits Nabi SAW banyak sekali menyuruh kepada kita untuk membaca,
belajar, mengamati, meneliti dan mengkaji. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan
merupakan hal yang mutlak dalam kehidupan kaum muslimin.
Kemulian Nabi Adam AS atas malaikat, jin dan Iblis
juga karena ilmunya. Karena Allah telah mengajarkan kepada Adam nama-nama
segala sesuatu. Wa ‘allamal aadama asmaaa kullaaha (Dan Dia mengajarkan
kepada Adam nama-nama segala sesuatu). Kemudian Allah
menawarkan kepada Malaikat untuk menyebutkan nama-nama tersebut. Tapi malaikat
tidak sanggup memenuhi permintaan Allah dan berkata “Subhanaaka laa ‘ilma
lanaa illa maa ‘allamtanaa, innaka antal aziizul hakiim” (Maha suci Engkau
tidak ada ilmu bagi kami kecuali apa-apa yang Engkau ajarkan kepada kami,
sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana).
Demikian halnya
ketika Allah mengutus Nabi Muhammad SAW. Modal dan bekal pertama yang diajarkan
oleh Allah adalah ilmu. Yaitu tentang perintah membaca (Iqra’). Karena
membaca adalah pintu memeperoleh ilmu. Baik dengan membaca buku, membaca
sejarah maupun membaca ciptaan-ciptaan Allah di alam semesta.
“Bacalah !. Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakanmu. Dia
menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu Yang Maha Mulia.
Yang mengajarkan melalui kalam. Mengajarkan kepada manusia apa-apa yang tidak
diketahuinya” (Al ‘Alaq 1-5).
Dalam surat Ali Imran
ayat 190-191 Allah juga menyuruh kepada kita untuk menjadi generasi ulul
albab. Yaitu generasi yang selalu kritis mengamati ciptaan Allah berupa
alam semesta dan jagat raya. Serta selalu mengingat Allah dan berfikir tentang
ciptaanNya baik dalam keadaan berdiri (qiyam), duduk (qu’udan)
maupun tiduran (junuban). Jadi generasi yang selalu berusaha menuntut
ilmu dalam kondisi apapun juga.
Dalam surat Ar Rahman
Allah juga menantang kepada manusia dan jin untuk melintasi langit dan bumi.
Yaitu menciptakan alat-alat penerbangan yang canggih agar dapat mengarungi
angkasa hingga menembus bulan, Yupiter hingga Pluto. Serta membuat
berbagai macam teknologi mutakhir untuk menggali sumber daya alam dan mineral
yang ada di permukaan dan perut bumi.
Masih banyak lagi
ayat-ayat lainnya yang menyuruh kepada umat Islam agar menjadi generasi yang
cinta ilmu dan pendidikan. Misalnya ayat-ayat yang berbunyi “Afalaa
yandhuruuna” (Apakah kalian tidak memperhatikan). Atau Afalaa
yatafakkaruuna” (Apakah kalian tidak berfikir). “Afalaa
ya’qiluuna” (Apakah kalian tidak berakal).
Berdasarkan pemaparan
di atas maka sangat jelas bahwa proses belajar mengajar dan menuntut ilmu
merupakan kewajiban agama, sekaligus merupakan fitrah umat manusia yang ingin
maju, tumbuh dan berkembang.
Karena itulah
dibutuhkan suatu sistem pendidikan yang terpadu, berkesinambungan dan
komprehensif. Yang memadukan antara kecerdasan intelektual (IQ),
kecerdasan emosinal (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dan
terintegrasinya unsur hati (fuad) , akal (sam’a wal basyar) dan
fisik (jasad). Atau terintegrasinya antara kebutuhan afektif
(moral), kognitif (akal) dan psikomotorik (ketrampilan).
Sistem semacam itulah
yang kemudian dikenal dengan istilah “PENDIDIKAN ISLAM TERPADU”. Yaitu suatu
sistem pendidikan yang kuat dalam masalah kauniyyah (ayat-ayat alam
semesta) seperti fisika, matematika, kimia, biologi, ekonomi, bahasa dan
ketrampilan hidup yang bertumpu pada masalah IQ, kognitif dan psikomotorik.
Sekaligus kuat dalam masalah Qur’aniyyah yang berkaitan erat dengan masalah EQ,
SQ dan unsur afektif .
Kecerdasan
|
Aspek Yang
Dibina
|
Titik Berat
|
IQ
|
Kognitif
|
Ayat-ayat Kauniyyah
|
EQ
|
Afektif & Psikomotorik
|
Ayat-ayat Kauniyyah & Qur’aniyyah
|
SQ
|
Afektif
|
Ayat-ayat Qur’aniyyah
|
MQ
|
Gabungan antara IQ, EQ dan SQ
|
Pendidikan Formal, Informal dan Non
Formal dengan pendekatan ayat-ayat Qur’aniyyah dan kauniyyah
|
Jadi sistem
pendidikan yang ingin dihasilkan adalah sistem pendidikan yang mampu mencetak
generasi yang unggul dalam bidang IPTEK sekaligus unggul dalam masalah
akidah dan ibadah kepada Allah Swt.
Sebagaimana kita
ketahui bahwa sistem pendidikan formal yang ada lebih cenderung mendidik dalam
bidang IPTEK dan IQ serta melupakan masalah SQ, MQ dan IMTAK. Untuk mengisi
kekosongan itulah maka dibutuhkan lembaga pendidikan yang mampu
menjembataninya. Salah satu diantaranya adalah dengan mendirikan TPA. Atau
sekolah agama di sore hari sebagai pelengkap dan penyempurna kegiatan
pendidikan formal yang ada.
Waktu dan Tempat
Majelis
Ta’lim Baaburrahim RT 013/01 Kebon Pala – Makasar Jakarta Timur-13650.
Dengan
waktu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pukul 16.00 s/d 18.00
Tujuan
Adapun
tujuan kegiatan ini antara lain adalah sebagai berikut :
Ø
Untuk meningkatkan kualitas
peserta dalam masalah akidah, ibadah, akhlak dan amal Islami.
Ø
Untuk membekali peserta dengan kecerdasan
emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan ma’rifat
Ø
Untuk melengkapi sistem
pendidikan formal yang ada sehingga terbentuk peserta didik yang berakhlak
mulia
Ø
Untuk mensyiarkan ajaran Islam
secara terus menerus dan berkesinambungan.
Ø
Untuk memupuk tali
persaudaraan, kasih sayang dan kepedulian kepada sesama peserta didik dan
kaum muslimin pada umumnya.
Ø
Untuk menghidupkan nilai-nilai
pengorbanan, ketaatan, komitmen dalam jalan Islam, infak dan sedekah bagi kaum
muslimin pada umumnya.
Visi
Membentuk
peserta didik yang berakhlak mulia
Berakhlak
mulia meliputi hablum minallah dan hablum minannas. Ditunjukkan
dengan akidahnya yang bersih, dapat membaca Alqur’an dengan baik, beribadah
dengan baik, benar dan tekun, berbakti kepada kedua orang tua dan guru, menjadi
anak yang mandiri, komitmen, bekerja keras, rajin belajar, bermanfaat bagi
orang lain, disiplin, menjaga kebersihan, jujur, amanah serta memiliki hafalan
Alqur’an,
hadits
dan do’a yang memadai untuk bekal menghadapi dan mengarungi kehidupan yang
semakin kompleks.
Misi
·
Menyediakan fasilitas pendidikan agama yang terjangkau
·
Mendidik siswa sebagai penerus
bangsa di atas landasan Al Islam
·
Membantu orang tua dalam
melahirkan anak yang shalih dan shalihat
·
Mencetak peserta didik yang mencintai Islam dan kaum
muslimin
·
Menjadi sarana silaturahim antara guru, orang tua dan
masyarakat pada umumnya.
Target Selama 5 Tahun
·
Dapat membaca Alqur’an dengan baik dan benar sesuai hukum
tajwidnya
·
Hafal Alqur’an minimal juz 30
·
Hafal hadits-hadits yang populer
·
Hafal do’a-do’a sehari-hari
·
Dapat melaksanakan ibadah wajib
(rukun Islam) dengan baik dan benar
·
Memiliki akhlak yang mulia
ditunjukkan dengan (minimal) berbakti kepada kedua orang tua dan para guru.
Materi Pelajaran
·
Bimbingan Baca Alqur’an
·
Hafalan Alqur’an
·
Aqidah Islamiyah
·
Fiqih Ibadah
·
Hafalan Do’a
·
Pendidikan Akhlak
·
Seni & OR yang Islami
(Dapat berupa nasyid, marawis, puisi, dongeng dan mewarnai)
Metode Pengajaran
·
Ceramah
·
Permainan
·
Cerita / dongeng
·
Praktek
·
Kunjungan
Peserta
Didik
Anak-anak
usia 5 sampai dengan 15 tahun.
Susunan Pengurus
Pelindung
|
:
|
Ketua RT
013/01 Kebon Pala
|
Penasehat
|
:
|
H. Abu
Bakar
Sugeng
Prihantoro
Purwo S
Syukran
|
Penanggung
Jawab
|
:
|
Hamid
|
Sekretaris
|
:
|
Merici
Sulastri
|
Tim
Pengajar
|
:
|
1.
Agus Winarto
2.
3.
Yudha
4.
Angga
|
Pembantu
Umum
|
|
1.
Amir Fadhilah
2.
Amir Fauzi
3.
Yuriansyah
4.
Hartanto
5.
Sunaryo
|
Anggaran
Per Semester
Kegiatan
ini direncanakan dan diperuntukkan bagi 20 siswa/siswi
Keterangan
|
Biaya (Rp)
|
Spanduk
2 buah
|
200.000,-
|
Pamflet
1 rim
|
100.000,-
|
Administrasi pendidikan (Formulir, rapor, ceklist,
pengumuman dll)
|
300.000,-
|
Buku pelajaran
|
300.000,-
|
Honor Guru 3 x Rp. 100.000 x 6 bulan
|
1.800.000,-
|
ATK
|
300.000,-
|
Total
|
3.200.000,-
|
Penutup
Demikian proposal ini kami ajukan. Atas bantuannya baik
materiil maupun spirituil kami ucapkan jazaakumullaahi khairan katsiiran. Semoga
Allah memberikan balasan yang berlipat ganda.
JADUAL
PELAJARAN
Kelas I
HARI
|
WAKTU
|
PELAJARAN
|
Selasa
|
16.00 – 16.45
|
Bimbingan baca Alqur’an
|
|
16.45 – 17.30
|
Hafalan Alqur’an & do’a
|
|
17.30 – 18.00
|
Aqidah Islamiyyah
|
|
|
|
Kamis
|
16.00 – 16.45
|
Bimbingan baca Alqur’an
|
|
16.45 – 17.30
|
Hafalan Alqur’an & do’a
|
|
17.30 – 18.00
|
Fiqih Ibadah
|
|
|
|
Sabtu
|
16.00 – 16.45
|
Bimbingan baca Alqur’an
|
|
16.45 – 17.30
|
Hafalan Alqur’an & do’a
|
|
17.30 – 18.00
|
Akhlak
|
Kesenian/Olah
raga/kunjungan/piknik dilakukan pada hari minggu sesuai kebutuhan.
Kelas II
HARI
|
WAKTU
|
PELAJARAN
|
Selasa
|
16.00 – 16.45
|
Hafalan Alqur’an & do’a
|
|
16.45 – 17.30
|
Hafalan Hadits
|
|
17.30 – 18.00
|
Sejarah Nabi & Rasul
|
|
|
|
Kamis
|
16.00 – 16.45
|
Hafalan Alqur’an & do’a
|
|
16.45 – 17.30
|
Hafalan Hadits
|
|
17.30 – 18.00
|
Menterjemahkan Alqur’an
|
|
|
|
Sabtu
|
16.00 – 16.45
|
Hafalan Alqur’an & do’a
|
|
16.45 – 17.30
|
Hafalan Hadits
|
|
17.30 – 18.00
|
Akhlak
|
Kesenian/Olah
raga/kunjungan/piknik dilakukan pada hari minggu sesuai kebutuhan.
Kelas III
HARI
|
WAKTU
|
PELAJARAN
|
Selasa
|
16.00 – 17.00
|
Hafalan
(Qur’an, Do’a dan Hadits)
|
|
17.00 –
18.00
|
Menterjemahkan
Alqur’an
|
|
|
|
|
|
|
Kamis
|
16.00 – 17.00
|
Hafalan
(Qur’an, Do’a dan Hadits)
|
|
17.00 –
18.00
|
Latihan
Pidato/Kultum
|
|
|
|
|
|
|
Kamis
|
16.00 – 17.00
|
Akhlak
|
|
17.00 –
18.00
|
Manajemen
dan Organisasi
|
|
|
|
Kesenian/Olah
raga/kunjungan/piknik dilakukan pada hari minggu sesuai kebutuhan.
FORMULIR
PENDAFTARAN
Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama
|
:
|
................................................................
|
Pekerjaan
|
:
|
.................................................................
|
Alamat
|
:
|
Kel.
............................ RT. ... RW ... No. ...
Phone
.................................................
Hp. ……………………………………………………..
|
orang tua / wali murid dari siswa/siswi :
Nama
|
:
|
................................................................
|
Tempat / tanggal lahir
|
:
|
........................................., ...../................
|
Sekolah
|
:
|
................................................................
|
Kelas
|
:
|
................................................................
|
Dengan ini menyatakan sebagai berikut :
1.
Mendaftarkan anak kami tersebut di atas sebagai
siswa pada TPA
2.
Bersedia mematuhi segala ketentuan / peraturan /
tata tertib yang berlaku
3.
Bersedia berinfak per bulan minimal sebesar Rp.
..........................................
Jakarta,
..........................................
Orang Tua/Wali Murid,
(
...................................................................)
KALENDER
PENDIDIKAN SEMESTER I
JULI DESEMBER
2008
----------------------------------------------------------------
NO
|
KEGIATAN
|
TANGGAL
|
1.
|
Pengambilan formulir pendaftaran
|
April s/d 15 Juni 2008
|
2.
|
Pengembalian Formulir
|
16 Juni s/d 30 Juni 2008
|
3.
|
Orientasi santri baru
|
Sabtu, 05 Juli 2008
|
4.
|
Kegiatan belajar - mengajar
|
3 Juli s/d 20 September 2008
|
5.
|
Libur ramadhan dan idul fitri
|
21 September s/d 11 Oktober 2008
|
6.
|
Kegiatan belajar - mengajar
|
14 Oktober s/d 29 Nopember
|
7.
|
Tes semesteran
|
2 s/d 13 Desember 2008
|
8.
|
Pembagian rapor semesteran
|
30 Desember 2008
|
9.
|
Libur semesteran
|
01 Januari s/d 4 Januari
|
10.
|
Mulai Belajar semester II
|
06 Januari 2009
|
DAFTAR HADIR
KELAS :
.......................... SEMESTER :
............. TAHUN : ..........
NO
|
NAMA
|
KEHADIRAN & TANGGAL
|
||
SELASA
...../.......
|
KAMIS
...../.......
|
SABTU
...../.......
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
TATA
TERTIB SISWA
1.
Berniat dan
komitmen untuk mengikuti pendidikan dengan sebaik-baiknya
2.
Berpakaian
rapi, sopan dan sesuai syariat Islam (wanita memakai pakaian
muslimah/berjilbab)
3.
Disiplin,
jujur dan tepat waktu dalam mengikuti pendidikan
4.
Mengikuti
kegiatan belajar mengajar dengan baik dan tertib
5.
Mengerjakan
segala kewajiban yang ditugaskan oleh bapak/ibu guru
6.
Bila tidak
masuk atau terlambat harus memberitahukan kepada bapak/ibu guru beserta
alasannya
7.
Mengerjakan
tugas kelas sesuai jadual yang telah ditentukan
8.
Mengerjakan
pekerjaan rumah dengan penuh tanggung jawab
9.
Membeli
buku-buku pelajaran sesuai kemampuan
10.
Berinfak
setiap bulan sesuai dengan kesepakatan/kesediaan orang tua / wali murid
11.
Mengisi
formulir/cek list penugasan yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru
12.
Hal-hal lain
yang belum diatur dalam tata tertib ini akan ditentukan lebih lanjut
Jakarta, .......................
Orang tua siswa / wali murid
( ......................................... )
KUITANSI
Telah terima dari Bapak / Ibu
.......................................................................................
Orang tua / wali dari santri yang bernama
......................................................................
Untuk biaya
..................................................................................................................
....................................................................................................................................
...................................................................................................................................
Uang sebesar Rp. ...............................,-
(......................................................... rupiah)
................................................................................................................
potong disini
TANDA
TERIMA
Telah terima uang sebesar Rp.
.....................................................................................
Untuk biaya
..................................................................................................................
....................................................................................................................................
Jakarta,
.................................................
Guru / TU / Pengelola,
(................................................... )
|
||||
TPA
|
||||
|
|
|
|
|
BIDANG
: AKIDAH
|
|
|
|
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
PERTEMUAN
|
METODE
|
|
Allah
|
Urgensi
mengenal Allah
|
1
|
Ceramah, tanya jawab
ditambah, studi kasus
|
|
|
Metode
Mengenal Allah
|
1
|
||
|
Syarat sahnya Syahadat La ilaha illallah
|
1
|
||
|
Hal-hal yang membatalkan syahadat
|
1
|
||
|
Jenis-jenis
kemusyrikan
|
1
|
||
|
Wala' wal
baro'
|
1
|
||
|
Pengertian
tauhid
|
1
|
||
|
Jenis-jenis
tauhid
|
1
|
||
|
Thagut
|
1
|
||
|
|
|
Ceramah, tanya jawab, studi kasus
|
|
Malaikat
|
Urgensi
mengenal malaikat
|
1
|
||
|
Fungsi
dan tugas malaikat
|
1
|
||
|
Peranan
malaikat dalam kehidupan
|
1
|
||
|
|
|
Ceramah, tanya jawab, studi kasus
|
|
Ar
Rasul
|
Pengertian
Nabi dan Rasul
|
1
|
||
|
Fungsi
dan tugas Rasul
|
1
|
||
|
Sifat-sifat
Rasul
|
1
|
||
|
Sejarah
25 Nabi dan Rasul
|
25
|
||
|
Sejarah
Nabi Muhammad Saw.
|
5
|
||
|
|
|
Ceramah, tanya jawab studi kasus
|
|
Alqur'an
|
Sejarah
turunnya Alqur'an
|
1
|
||
|
Fungsi
dan sifat Alqur'an
|
1
|
||
|
Bimbingan
baca Alqur'an
|
144
|
Praktek
& teori
|
|
|
Hafalan
Aqlur'an
|
144
|
Praktek
& teori
|
|
|
|
|
|
|
Hari
Kiamat
|
Pengertian
hari kiamat
|
1
|
Ceramah, tanya jawab staudi kasus,
games
|
|
|
Jenis-jenis
kiamat
|
1
|
||
|
Tanda-tanda
hari kiamat
|
1
|
||
|
Menyambut
hari kiamat
|
1
|
||
|
|
|
||
Neraka
|
Pengertian
neraka
|
1
|
Ceramah, tanya jawab studi kasus,
games
|
|
|
Jenis-jenis
neraka dan penghuninya
|
1
|
||
|
Jenis-jenis siksaan di neraka
|
1
|
||
|
Menghindarkan
diri dari neraka
|
1
|
||
|
|
|
||
Jannah
|
Pengertian
jannah
|
1
|
Ceramah, tanya jawab studi
kasus&games
|
|
|
Jenis-jenis
jannah dan penghuninya
|
1
|
||
|
Jenis-jenis
kenikmatan di jannah
|
1
|
||
|
Kiat
sukses masuk jannah
|
1
|
||
|
|
|
||
Takdir
|
Pengertian
qadha wa qadar
|
1
|
|
|
|
Sikap
muslim terhadap takdir
|
1
|
|
|
|
|
|
Ceramah, tanya jawab & studi
kasus
|
|
Jin
dan Syetan
|
Mengenal
Jin
|
2
|
||
|
Mengenal
Syetan
|
2
|
||
|
Tipu daya
syetan
|
3
|
||
|
Menghadapi
syetan
|
2
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BIDANG
: IBADAH
|
|
|
|
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
PERTEMUAN
|
|
|
Sholat
|
Urgensi
& fungsi sholat
|
1
|
Ceramah&tanya
|
|
|
Fiqih
sholat
|
10
|
Ceramah
& praktek
|
|
|
Fiqih
sholat sunnah
|
10
|
Ceramah
& praktek
|
|
|
Sholat
dan dampaknya dalam hidup
|
2
|
Ceramah&tanya
|
|
|
|
|
|
|
Zakat / Infaq / Sedekah
|
Urgensi dan fungsi zakat/Infaq/sedekah
|
1
|
Ceramah&tanya
|
|
Fiqih
zakat/Infak/sedekah
|
3
|
Ceramah&praktek
|
||
|
Zakat dan dampaknya bagi umat
|
3
|
Cermah&tanya
jwb
|
|
|
|
|
Ceramah&tanya jawab &
praktek
|
|
Puasa
|
Urgensi
puasa
|
1
|
||
|
Fungsi
puasa
|
1
|
||
|
Fiqih
puasa
|
5
|
||
|
Fiqih
puasa sunnah
|
5
|
||
|
Hasil
puasa
|
1
|
||
|
|
|
|
|
Do'a
|
Hafalan
do'a dan maknanya
|
144
|
Ceramah
& praktek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hadits
|
Hafalan
hadits dan maknanya
|
144
|
Ceramah
& praktek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BIDANG
: AKHLAK
|
|
|
|
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
PERTEMUAN
|
|
|
Kepada
Allah
|
Pengertian
akhlak
|
1
|
Ceramah&tanya, studi kasus
|
|
|
Jenis-jenis
akhlak kepada Allah
|
5
|
||
|
Hasil
akhlak kepada Allah
|
2
|
||
|
|
|
||
|
|
|
Ceramah&tanya, cerita
|
|
Kepada
Rasul
|
Jenis-jenis akhlak kepada rasulullah
|
10
|
||
|
|
|
||
Kepada Muslim & manusia
|
Akhlak
kepada orang tua
|
3
|
|
|
Akhlak
kepada saudara sedarah
|
1
|
|||
|
Akhlak
kepada saudara seiman
|
1
|
||
|
Akhlak
terhadap non muslim
|
1
|
||
|
Akhlak
kepada tetangga
|
1
|
||
|
Akhlak
kepada pimpinan
|
1
|
||
|
Akhlak
kepada guru
|
5
|
||
Hewan dan tumbuhan
|
Fungsi
hewan dan tumbuhan
|
3
|
|
|
Akhlak
terhadap hewan
|
|
|
||
|
Akhlak
terhadap tumbuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BIDANG
: SEJARAH
|
|
|
|
|
Sejarah
/ Sirah
|
|
|
Ceramah&tanya,
cerita, studi kasus
|
|
Sejarah
sahabat
|
2
|
|||
Sejarah
tabi'in
|
2
|
|||
Sejarah
ulama-ulama 4 madzhab
|
5
|
|||
Sejarah
pahlawan nasional muslim
|
5
|
|||
|
|
|||
|
|
|
|
|
BIDANG
: KOMUNIKASI DAKWAH
|
|
|
|
|
KULTUM
/ CERAMAH
|
|
|
Ceramah&tanya,
cerita, studi kasus & praktek
|
|
Pengertian
komunikasi dakwah
|
1
|
|||
Pengertian
dakwah
|
2
|
|||
Membuat
materi ceramah
|
2
|
|||
Kiat praktis ceramah yang baik
|
3
|
|||
Praktek
kultum / ceramah
|
48
|
|||
|
|
|||
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment